Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Ganti Jet Tempur Buatan Soviet, Bulgaria Beli 8 Unit F-16 AS

Kompas.com - 10/07/2019, 22:02 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

SOFIA, KOMPAS.com - Bulgaria berencana untuk membeli delapan unit jet tempur F-16 dari Amerika Serikat untuk mengganti armada udaranya yang telah tua.

Jet tempur buatan Lockheed Martin tersebut nantinya bakal mengganti pesawat MiG-29 buatan Soviet. Demikian disampaikan Wakil Menteri Pertahanan, Atanas Zaprianov.

"Harga jet tempur yang dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara, serta sistem visualisasi dan pengawasan itu adalah seharga 1,26 miliar dollar AS (sekitar Rp 17,7 triliun)," kata Zaprianov, dikutip AFP, Rabu (10/7/2019).

Pemerintah Bulgaria awalnya hanya menganggarkan dana sebesar sebesar 1,8 miliar leva atau sekitar Rp 14,5 triliun, untuk pembelian jet tempur tersebut. Namun Zaprianov percaya parlemen tetap akan menyetujui pembelian itu.

Baca juga: Beli Manual Penerbangan F-16 di Lelang Online, Pria Rusia Ditahan di AS

Jet tempur tersebut, enam dengan kursi tunggal dan dua dengan kursi ganda, dijadwalkan untuk pengiriman ke Bulgaria pada 2023.

Bulgaria, yang menjadi anggota NATO sejak 2004, telah mencari pesawat tempur baru untuk menggantikan armada buatan Soviet miliknya yang terlah berusia tua selama beberapa tahun terakhir.

"Pembelian pesawat baru akan meningkatkan interoperabilitas kami dengan NATO. Pilot Bulgaria tidak akan lagi merasa seperti mereka berada di belakang NATO," kata Wakil Komandan Angkatan Udara Bulgaria, Jenderal Petio Mirchev.

Sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan kepada pesawat tempur AS, Bulgaria juga telah mendapat penawaran dari Italia untuk membeli jet Eurofighter mereka, sementara Spanyol menawarkan 10 unit jet tempur Gripen terbaru.

Tetapi Perdana Menteri Boyko Borisov yang konservatif mengatakan tahun lalu, pihaknya lebih menyukai jet tempur F-16 daripada yang lain, yang tidak termasuk senjata mahal.

Di bawah kesepakatan yang telah tercapai antara kedua negara, AS bakal menanggung biaya pemeliharaan dan pelatihan pilot sebesar 60 juta dollar AS (sekitar Rp 846 miliar) dari total tagihan, sambil menunggu persetujuan Kongres AS. Demikian kata Menteri Pertahanan Bulgaria Krasimir Karakachanov.

Baca juga: Jet Tempur F-16 Belanda Tertembak Pelurunya Sendiri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com