Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2019, 12:36 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai manusia biasa, mendiang Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho tentu mempunyai figur yang dia idolakan.

Layaknya orang Indonesia lainnya, Sutopo sangat mengidolakan Presiden AS Barack Obama yang pernah tinggal di Tanah Air, dan beberapa kali berkunjung sejak 2008.

Karena itu dalam wawancara dengan salah satu harian AS The New York Times, pria kelahiran Boyolali, Jawa Tengah, itu mengaku ingin bertemu dengan Obama.

Baca juga: Sutopo Purwo Nugroho, Pria yang Bermimpi Jadi Profesor, di Mata Media Internasional

"Bukan Donald Trump, Obama," kata Sutopo mengomentari presiden penerus Obama itu dalam wawancara yang dipublikasikan pada Desember tahun lalu.

Selain Obama, terdapat sosok lain yang diidolakan oleh suami Retno Utami Yulianingsih tersebut. Salah satunya adalah penyanyi Raisa Andriana.

Sutopo mengatakan, dia pernah berusaha menarik perhatian Raisa dengan menyertakan akun Twitter-nya ketika mengunggah informasi soal bencana.

Saat itu, dia berharap Raisa bersedia untuk me-ritwit sehingga informasi itu bisa tersampaikan kepada sekitar 8,4 juta pengikutnya di Twitter.

Namun tatkala unggahannya tak menuai respons, para netizen mulai menggaungkan tagar Twitter #RaisaMeetSutopo yang kemudian menjadi viral pada Oktober lalu.

Baca juga: JEO-Lebih Kenal dengan Sutopo Purwo Nugroho...

Keinginannya terkabul di mana mereka bertemu di Jakarta. Raisa kemudian menyanyikan sebuah lagu bagi Sutopo yang berujar bahwa momen itu salah satu yang penting di hidupnya.

Sutopo juga mengaku mengidolakan Presiden Joko Widodo yang kemudian mengundangnya ke Istana Kepresidenan di Bogor pada pukul 13.45, 5 Oktober tahun lalu.

Sutopo yang mengenakan batik lengan panjang langsung menyalami Presiden Jokowi. "Apa kabar, Pak Sutopo?" sapa Jokowi. "Alhamdulillah sehat, Pak," kata Sutopo.

Di hadapan Jokowi dan awak media, Sutopo pun menceritakan kekagumannya pada sosok Jokowi yang rupanya sudah diidolakan sejak masih menjadi Wali Kota Solo.

Sutopo kagum dengan Jokowi karena mantan pengusaha mebel tersebut selalu mempunyai pemikiran yang berbeda dari orang kebanyakan. Ia juga kagum dengan Jokowi yang tak suka dengan birokrasi.

"Ya tadi saya sempat sampaikan kepada Bapak Presiden, saya mengagumi karakter Bapak Presiden itu sejak beliau menjadi Wali Kota. Kemudian Gubernur Jakarta, saya sempat berinteraksi, kemudian menjadi Presiden," kata Sutopo.

Selama ini, Sutopo sering melihat Jokowi saat meninjau bencana. Namun, ia tidak pernah bersalaman langsung apalagi berbincang dengan orang nomor satu di Indonesia itu karena kondisi di lapangan yang tak memungkinkan.

Baca juga: Sisi Lain Sutopo, Idolakan Raisa hingga Ingin Bukukan Kisah Hidupnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com