Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

California Selatan Kembali Diguncang Gempa, Kali Ini Bermagnitudo 7,1

Kompas.com - 06/07/2019, 11:24 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters

LOS ANGELES, KOMPAS.com - Gempa besar kembali melanda wilayah California Selatan, Jumat (5/7/2019). Hanya berselang sehari setelah gempa berkekuatan 6,4 yang melanda kawasan yang sama.

Gempa bermagnitudo 7,1 tercatat oleh Badan Survei Geologi AS (USGS) dan Badan Mediterania Seismologi Eropa, terjadi di California Selatan dengan pusat gempa di 202 kilometer arah utara Los Angeles.

Belum ada laporan mengenai kerusakan yang ditimbulkan akibat getaran gempa, namun Badan Mediterania Seismologi Eropa, dikutip Reuters, merevisi kekuatan gempa menjadi 6,9.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,4 Guncang California, Terbesar dalam Dua Dekade

Gempa kali ini terjadi hanya berselang satu hari sejak gempa 6,4 yang menggetarkan kawasan gurun di California Selatan, yang diikuti serangkaian gempa susulan dengan kekuatan mencapai kisaran 5, menurut seismolog Institut Teknologi California, Lucy Jones.

Gempa kali ini kemungkinan bakal menjadi yang terbesar selama 25 tahun yang pernah terjadi di kawasan itu.

Terakhir kali gempa besar melanda wilayah itu pada 1999 dengan kekuatan 7,1 skala Richter, yang mengguncang markas Korps Marinir 29 Palms, menurut The Los Angeles Times.

Sebelumnya diperingatkan Jones, ada kemungkinan kecil bahwa gempa pada Kamis (4/7/2019) merupakan pendahuluan untuk datangnya guncangan yang lebih besar.

"Ada sekitar satu-dalam-20 peluang bahwa lokasi ini akan mengalami gempa bumi yang lebih besar dalam beberapa hari ke depan, bahwa kita belum melihat gempa bumi terbesar dari urutannya," katanya.

"Ada ratusan gempa bumi hari ini," katanya, pada Kamis (4/7/2019), termasuk lebih dari 100 kali gempa yang diukur oleh Survei Geologi Amerika Serikat lebih besar dari 2,5.

Meski demikian, belum dipastikan apakah gempa kali ini memiliki kaitan dengan gempa sehari sebelumnya.

Baca juga: Gempa M 6,4 di California Dipicu Sesar Aktif, Begini Analisis BMKG

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com