Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Paus Fransiskus, Putin Terlambat 45 Menit

Kompas.com - 05/07/2019, 10:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan terlambat ketika menghadiri pertemuan dengan Pemimpin Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus di Vatikan.

Berdasarkan pemberitaan media setempat dikutip New York Post Kamis (4/7/2019), Putin terlambat sekitar 45 menit ketika bertemu Paus asal Argentina itu.

Baca juga: Bawa Cangkir Pribadi ke KTT G20, Putin Idap Paranoia?

Ini bukan pertama kalinya Putin terlambat bertemu Paus Fransiskus. Dalam pertemuan pertama keduanya November 2013, Putin baru menampakkan diri 50 menit kemudian.

Kemudian dalam pertemuan kedua pada Juni 2015, BBC News Russian Service memberitakan, presiden berusia 66 tahun itu terlambat lebih dari satu jam.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu, Putin dan Paus Fransiskus membahas berbagai isu internasional seperti di Suriah maupun Venezuela.

Selain bertemu, keduanya juga bertukar cinderamata. Paus Fransiskus memberi ukiran abad ke-18 dengan pemandagan lapangan Basilika Santo Petrus.

Sementara Putin sebagaimana dilaporkan media Rusia Interfax memberikan gambar Rasul Petrus dan Paulus kepada Paus yang terpilih pada 13 Maret 2013 itu.

Kunjungan Putin ke Vatikan diprediksi oleh para pengamat sebagai pembuka jalan bagi Paus Fransiskus untuk melakukan agenda balasan ke Negeri "Beruang Merah".

Apalagi, belum pernah ada Paus Gereja Katolik Roma yang pernah menginjakkan kaki di sana. Namun penasihat luar negeri Putin menyebut isu itu tak ada dalam agenda.

Selepas dari Vatikan, Putin bakal meneruskan kunjungan pertamanya ke Italia dalam empat tahun terakhir dengan bertemu Presiden Sergio Mattarella.

Kemudian, dia bakal bertemu Perdana Menteri Giuseppe Conte dan Menteri Luar Negeri Enzo Moavero, dilanjutkan menemui teman baiknya, mantan PM Silvio Berlusconi, sebelum kembali ke Moskwa.

Baca juga: Kata Rektor soal Perempuan Berhijab yang Bersalaman dengan Paus Fransiskus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com