Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ponsel Galaxy S10 Miliknya Terbakar Saat "Dicas", Pria Ini Gugat Samsung Rp 2.050

Kompas.com - 04/07/2019, 18:28 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

URUMQI, KOMPAS.com - Seorang pria yang tinggal di kawasan paling barat China dilaporkan mengajukan gugatan kepada Samsung setelah ponsel Galaxy S10 miliknya terbakar.

Pria yang tinggal di Urumqi, ibu kota Region Xinjiang, awalnya membeli Galaxy S10 itu seharga 5.998 yuan, sekitar Rp 12,3 juta, dari peritel daring 26 Mei lalu.

Pria yang enggan disebutkan identitasnya itu mengklaim, ponsel itu datang sehari sesudahnya. Namun pada 28 Mei ketika sedang diisi daya, ponsel itu terbakar.

Baca juga: Lagi, Gadis Rusia Tewas Akibat Main Ponsel yang Dicas saat Berendam

Dilaporkan SCMP Kamis (4/7/2019), pria itu menggugat Huizhou Samsung Electronics selaku anak perusahaan raksasa telekomunikasi Korea Selatan (Korsel) itu.

Namun, dia memutuskan menuntut 1 yuan, sekitar Rp 2.060, sebagai aksi simbolik disertai laporan lengkap uji ponsel dan penjelasan masuk akal penyebab ponselnya terbakar dalam waktu 15 hari.

Dia juga ingin Samsung meminta maaf karena sudah memproduksi barang cacat, menciptakan risiko keselamatan serius, dan gagal memenuhi kewajiban aftersale-nya.

Pria itu mengatakan dia terpaksa melakuka langkah hukum karena tidak mendapat respons memuaskan ketika encoba menghubungi layanan pelanggan sebulan terakhir.

Unggahannya kemudian menjadi viral di media sosial dan pada 30 Juni lalu, retailer yang menjual ponsel itu bersedia mengembalikan seluruh uangnya.

Ketika aktif di Weibo, dia menjelaskan mengapa hanya menggugat sebesar satu yuan. Dia mengaku hanya mematoknya secara simbolik karena "dia tak butuh uangnya".

"Hal bagusnya adalah saya tidak terluka atau berada dalam bahaya. Saya hanya ingin kepada si perakit untuk memberi penjelasan. Apa itu berlebihan?" tanyanya.

Dia melanjutkan, situasinya bakal berbeda jika saja lantai kantornya terbuat dari kayu, atau ketika ponsel itu terbakar saat dia menyetir atau pun sedang tidur.

Pria jtu menceritakan saat dicas itu, ponselnya menjadi panas namun baterainya tidak terisi. Dia mencabut kabelnya, namun ponselnya jadi semakin panas dan mulai berasap.

Dia mengaku tak sengaja menjatuhkan ponsel ketika melihatnya terbakar. Dia segera mengambil air dan memadamkan ponsel tersebut dengan videonya diunggah di media sosial.

Pria itu melanjutkan, dia membawanya ke pusat layanan perawatan pada 31 Mei di mana teknisi mengambil foto dan mengembalikan ponsel miliknya.

Dia kemudian diminta untuk mengirim kembali ponselnya dan segala aksesorisnya pada 11 Juni. Namun sejak saat itu, dia belum mendapat jawaban memuaskan dari Samsung.

Baca juga: Seorang Pria Tewas Kesetrum Saat Pakai Ponsel yang Tengah Dicas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com