Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Parade Hari Kemerdekaan AS, Tank Mulai Dibawa ke Ibu Kota

Kompas.com - 03/07/2019, 22:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Tank mulai dipersiapkan untuk diangkut ke Washington jelang perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat (AS) Kamis besok (4/7/2019).

Setidaknya dua kendaraan pengangkut lapis baja Bradley dan dua tank M1A1 Abrams bakal dibawa ke ibu kota untuk acara akbar bertajuk "Salute to America".

Baca juga: Jika Jadi, Berapa Biaya Gelar Parade Militer di Hari Kemerdekaan AS Era Trump?

Dilansir BBC Rabu (3/7/2019), Badan Taman Nasional AS dilaporkan menanggung 2,5 juta dollar AS, sekitar Rp 35,2 miliar, untuk membiayai acara itu.

Dalam kicauannya di Twitter, Presiden Donald Trump sebagai penggagas menyebut acara itu bakal sangat megah. "Akan menjadi pertunjukan sekali seumur hidup!" katanya.

Selain tank, acara itu juga dimeriahkan oleh atraksi jet tempur, pertunjukan kembang api, dan pidato Trump yang rencananya bakal dihelat di Lincoln Memorial.

Trump juga mengundang sejumlah petinggi Kementerian Pertahanan untuk merayakan parade militer itu bersamanya. Antara lain Chairman Kepala Staf Gabungan, Jenderal Joseph Dunford.

Kolonel Sunset Belinsky dari Angkatan Darat kepada CBS News mengatakan, warga di Washington bakal melihat tank itu melintasi jalan kawasan mereka.

"Namun jangan panik," terangnya. Belinsky tidak merinci di mana tank itu bakal ditempatkan setelah dikirim dari kawasan tenggara menggunakan kereta.

Kritik pun berkembang tentang parade itu yang dianggap sebagai pertunjukan kursng tepat hingga tuduhan pemerintah sudah menyalahgunakan dana publik.

Apalagi seperti dipublikasikan Washington Post, Badan Taman Nasional mengalihkan biaya masuk yang dimaksudkan meningkatkan kualitas taman demi membayar biaya perhelatan.

Gedung Putih tidak melansir berapa uang pajak rakyat yang bakal dihabiskan untuk parade militer itu. Namun Trump menyatakan jumlahnya kecil dibanding kegunaannya.

Laporan bahwa Gedung Putih sudah membagikan tiket VIP kepada donor utama maupun sosok tertentu memunculkan tuduhan acara itu hanya bersifat partisan alih-alih patriotik.

Baik Komite Nasional Partai Republik dan tim kampanye Trump mengonfirmasi kepada media lokal mereka sudah memperoleh izin untuk mendapatkan tiket itu.

Adapun Pentagon menyatakan mereka sudah menerima sekitar 5.000 lembar tiket dari Gedung Putih. Tidak jelas bagaimana mereka yang tak dapat tiket bisa hadir.

Baca juga: Rayakan Hari Kemerdekaan AS, Trump Minta Tank hingga Jet Tempur F-35

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com