Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ulang Tahun ke-90 Imelda Marcos, 231 Orang Masuk Rumah Sakit

Kompas.com - 03/07/2019, 19:31 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

MANILA, KOMPAS.com - Lebih dari 200 orang dilaporkan harus masuk rumah sakit setelah menghadiri ulang tahun ke-90 mantan Ibu Negara Filipina Imelda Marcos.

Ruang gawat darurat di kawasan Pasig, ibu kota Manila, dilaporkan penuh dengan pasien yang muntah, diare, hingga pusing diduga akibat keracunan makanan.

Baca juga: Duterte Beri Lampu Hijau, Perhiasan Jutaan Dollar Imelda Marcos Siap Dijual

Dewan manajemen pengurangan risiko bencana Pasig City menyatakan, terdapat sedikitnya 231 orang yan dirawat dengan jumlahnya diperkirakan bakal terus meningkat.

Diwartakan Sky News Rabu (3/7/2019), perayaan ulang tahun Imelda itu bertempat gedung olahraga, dan dihadiri sekitar 2.500 orang termasuk keluarga dan pendukung.

Kapten Polisi Richard Pua mengatakan tamu itu mendapat paket makan siang kuliner populer Filipina bernama adobo. Yakni sajian kentang dan telur rebus.

Namun, polisi menyatakan mereka masih belum bisa memastikan makanan mana saja yang menyebabkan orang-orang itu keracunan dan dilarikan ke rumah sakit.

Sementara kepala staf Imelda menuturkan, janda mendiang diktator Ferdinand Marcos itu tidak keracunan dengan makanan yang disajikan di ulang tahunnya.

Berbicara kepada hadirin yang masih berada di pesta, putri Imelda sekaligus calon senator Imee Marcos menuturkan mereka tetap solid meski makanannya diracuni.

"Mari kita menjaga mereka yang masih berada di rumah sakit dan berharap kita bisa mengunjungi para korban secepatnya," ucap Imee dalam pidatonya.

Keluarga Marcos masih mempunyai pengaruh yang kuat dalam peta politik Filipina dengan menjalin hubungan dengan presiden saat ini, Rodrigo Duterte.

Tahun lalu, Imelda dijatuhi 11 tahun penjara atas dakwaan korupsi karena transfer ilegal sebesar 200 juta dollar AS ke yayasan Swiss saat masih jadi Gubernur Manila 1970-an.

Baca juga: Terbukti Korupsi, Istri Mendiang Ferdinand Marcos Terancam Dibui

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com