Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2019, 13:31 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu babak paling penting dala Perang Saudara Amerika Serikat adalah pertempuran Gettysburg, di negara bagian Pennsylvania.

Pertempuran ini berlangsung pada 1-3 Juli 1863 antara pasukan Union dan Konfederasi yang melibatkan jumlah pasukan yang amat besar.

Menyusul kemenangannya dalam Pertempuran Chancellorsville, jenderal psukan Konfederasi, Robert E Lee menggelar invasi keduanya terhadap pasukan Union dalam waktu kurang dari setahun.

Dia memimpin 75.000 orang anggota pasukan Virginia Utara menyeberangi Sungai Potomac lalu masuk ke Maryland dan Pennsylvania.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pecahnya Perang Saudara di Spanyol

Jenderal Lee berharap dia bisa memenangkan pertempuran besar di wilayah utara demi menghancurkan semangat pasukan Union.

Selain itu, jika memenangkan pertempuran Jenderal Lee berharap  Perancis atau Inggris akan campur tangan dan memihak Konfederasi.

Sementara itu di sisi Union, sebanyak 90.000 personel Pasukan Potomac mengejar pasukan Konfederasi di Maryland.

Namun, sang komandan, Jenderal Joseph Hooker masih belum bisa melupakan kekalahan di Chancellorsville sehingga terlihat enggan mengejar pasukan Jenderal Lee.

Sementara, Konfederasi memecah pasukannya untuk menyerang beberapa target penting seperti Harrisburg, ibu kota Pennsylvania.

Pada 28 Juni 1963, Presiden AS Abraham Lincoln mengganti Hooker dengan Jenderal George Meade.

Pergantian itu diiringi pergerakan Pasukan Potomac yang kemudian diketahui Jenderal Lee yang berada di Maryland.

Jenderal Lee kemudian memerintahkan pasukannya memperkuat posisi di kota Gettysburg dan bersiap menghadapi kedatangan pasukan federal.

Di saat yang sama Jenderal Meade mengirim sebagian pasukannya ke Pennsylvania tetapi juga berniat memperkuat posisi di Pipe Creek, Maryland.

Pada 1 Juli, sebuah divisi pasukan Konfederasi yang dipimpin Jenderal Henry Heath bergerak masuk ke Gettysburg untuk menjarah pasokan makanan.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Keunikan 28 Juni, Awal Mula dan Berakhirnya Perang Dunia I

Namun, mereka justru bertemu dengan tiga brigade kavaleri Union. Baku tembak terjadi dan pertempuran Gettysburg pun dimulai.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com