Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diterjang Badai Salju "Aneh", Kota di Meksiko Ini Tertimbun Salju 1,5 Meter

Kompas.com - 01/07/2019, 18:51 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

GUADALAJARA, KOMPAS.com - Badai salju "aneh" menghantam kota Guadalajara, Meksiko, pada Minggu (30/6/2019), menyebabkan timbunan salju setebal 1,5 meter di beberapa titik.

Badai salju juga menyebabkan pohon-pohon tumbang.

Peristiwa itu terjadi sekitar tengah hari waktu setempat, saat hujan lebat disertai badai salju melanda sebagian kota Guadalajara, ibu kota negara bagian Jalisco di Meksiko barat.

Dilaporkan BBC, badai menerjang dengan sangat cepat antara pukul 13.50 hingga 14.10 waktu setempat, menyebabkan suhu udara turun secara mendadak dari 22 derajat celcius menjadi 14 derajat celcius.

Daerah Rancho Blanco dan kawasan industri menjadi daerah yang paling parah terdampak badai salju.

Baca juga: Badai Salju Menyapu Wilayah Carolina Utara, 1 Orang Tewas

"Saya pergi ke sana untuk melakukan evaluasi dan saya menyaksikan pemandangan yang belum pernah saya lihat sebelumnya."

"Akibat badai membuat salju tertimbun setebal lebih dari satu meter, membuat kami bertanya-tanya akan adanya perubahan iklim," ujar Gubernur Jalisco, Enrique Alfaro Ramirez.

Timbunan salju menutup ruas jalan di tengah kota Guadalajara, Meksiko, usai badai salju aneh pada Minggu (30/6/2019).AFP/ULISES RUIZ Timbunan salju menutup ruas jalan di tengah kota Guadalajara, Meksiko, usai badai salju aneh pada Minggu (30/6/2019).
Jalan-jalan tertutup dan akumulasi tumpukan salju terdorong hingga ke bangunan tempat tinggal di daerah yang paling parah, menyebabkan lebih dari 300 rumah warga mengalami kerusakan.

Beberapa orang harus diselamatkan dari atap kendaraan mereka ketika jalanan berubah menjadi sungai es yang bergerak.

"Yang paling penting adalah bahwa saat ini tidak ada laporan tentang orang-orang yang terluka atau kematian," kata Alfaro Ramirez.

Pekerja darurat dan pegawai kota, bersama tentara, bekerja sepanjang malam hingga pagi hari untuk membersihkan jalan kota yang terhalang oleh timbunan salju.

Beberapa warga mengatakan hujan salju seperti Minggu (30/6/2019) lalu belum pernah terjadi sebelumnya di kawasan itu. Demikian dikutip BNO News.

Baca juga: Badai Salju, Puluhan Penumpang Terjebak di Kereta hingga 10 Jam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com