Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Putri Trump Ikut Ayahnya Bertemu Kim Jong Un

Kompas.com - 01/07/2019, 17:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

PANMUNJOM, KOMPAS.com - Putri Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Ivanka, menjadi sorotan selama kunjungan ayahnya ke Asia pada akhir pekan lalu.

Ivanka menjadi sorotan lantaran dianggap kehadirannya tidak begitu penting ketika Trump menghadiri KTT G-20 dan Korea Utara ketika bertemu Kim Jong Un.

Baca juga: Trump Klaim Pemerintahan Obama Memohon untuk Bertemu Kim Jong Un

Putri yang juga penasihat Trump itu mendapat pertanyaan dari awak media ketika mengikuti ayahnya menjejakkan kaki untuk pertama kalinya di Korut.

"Begitu nyata," kata Ivanka seperti dilansir The Guardian Minggu (30/6/2019). Bersama suaminya Jared Kushner, mereka ikut dalam percakapan antara Trump dan Kim.

Dia mendapat kritikan setelah beredar video yang memperlihatkan dirinya mencoba memasuki percakapan antara sejumlah pemimpin Eropa dengan Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde.

Video yang dirilis di akun Instagram kantor kepresidenan Perancis memperlihatkan Ivanka berada di tengah percakapan Perdana Menteri Inggris Theresa May, PM Kanada Justin Trudeau, Presiden Perancis Emmanuel Macron, dan Lagarde.

Rekaman itu memantik kecaman dari anggota House of Representatives asal New York Alexandria Ocasio-Cortez yang melontarkan kicauan di Twitter.

"Mungkin mengejutkan bagi beberapa orang. Namun menjadi anak perempuan seseorang sebenarnya bukanlah kualifikasi yang dibutuhkan dalam karir," kata Ocasio-Cortez.

Menurut Ocasio-Cortez, dunia membutuhkan Presiden AS yang bisa bekerja dengan G-20. "Membawa seorang diplomat berkualitas tidak akan masalah," sindirnya.

Sejumlah pengamat juga mengomentari peran Ivanka ketika dia berbicara kepada media selepas pertemuan sang ayah dengan pemimpin India dan Jepang, serta hadir di sesi foto pemimpin G-20.

Baca juga: Trump Undang Kim Jong Un untuk Berkunjung ke AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com