Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Sengaja Tendang Mobil, Bocah 11 Tahun Ditembak Polisi

Kompas.com - 28/06/2019, 16:47 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Newsweek

KURSK, KOMPAS.com — Seorang polisi di Rusia dilaporkan mengundurkan diri dari jabatannya setelah menembak bocah laki-laki berusia 11 tahun di bagian perut.

Polisi 36 tahun itu awalnya memarkirkan mobil di dekat lapangan kota Kursk, Minggu malam waktu setempat (23/6/2019), dan marah dengan sekelompok anak yang bermain sepak bola.

Baca juga: Kurir Narkoba Jaringan Malaysia-Pinrang Ditembak Polisi

Sebab seperti diwartakan Newsweek Kamis (27/6/2019), salah satu dari kelompok bocah itu tidak sengaja menendang bola dan dan mengenai mobil si polisi.

Harian setempat Komsomolskaya Pravda memberitakan, polisi yang tak disebutkan namanya itu langsung mengeluarkan senjata dan menembak perut bocah itu.

Kemudian dia menembak lagi ke udara untuk menakuti mereka. Komite investigasi Kursk mengumumkan, mereka langsung melakukan penyelidikan kriminal terhadap polisi itu.

Si polisi dijerat dengan pasal hooliganisme yang jika terbukti, dia terancam mendekam selama lima tahun, apalagi setelah diketahui dia tengah mabuk.

"Petugas itu sudah membuat kepanikan masyarakat sekitar," ujar komite dalam keterangan resmi. Kementerian Dalam Negeri Rusia menyatakan, mereka sudah mewawancarai saksi.

Mayor Jenderal Viktor Kosarev mengatakan aksi yang dilakukan polisi itu sudah mencoreng citra kesatuannya. Menurutnya, seorang polisi harus menenangkan situasi, bahkan di depan anak-anak.

Dalam kasus ini, polisi ini sudah mabuk dan bertindak dengan tak pantas. Polisi harus bisa mengendalikan situasi secara damai," kata Kosarev.

Peristiwa itu muncul di tengah sorotan atas perilaku polisi, antara lain ketika mereka melakukan penahanan massal para pendukung jurnalis Ivan Golunov.

Berdasarkan laporan CBS, kelompok hak warga sipil menyatakan, lebih dari 400 orang ditahan dalam aksi damai mendukung Golunov pada bulan ini.

Baca juga: Beraksi Lagi, 2 Pencuri Motor Ditembak Polisi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com