Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Tidak Ingin Berperang dengan Iran

Kompas.com - 27/06/2019, 20:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Reuters

BRUSSELS, KOMPAS.com - Penjabat Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper menuturkan kepada anggota NATO bahwa negaranya tidai ingin perang dengan Iran.

Dalam rapat tertutup pertemuan para menteri pertahanan NATO, Esper mengatakan AS menuduh Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Baca juga: Iran: Trump Harus Tahu Kita Tak Hidup di Abad 18

Namun berdasarkan keterangan sumber diplomat seperti diberitakan Reuters Kamis (27/6/2019), Esper berujar dia tidak ingin situasinya menjadi memanas.

"Kalimat pertamanya adalah: kami tak ingn perang lawan Iran," kata diplomat pertama. "Esper juga menekankan ini tentang batas yang bisa ditoleransi AS," ujar diplomat lain.

"Sebenarnya mereka (AS) mengatakan dengan jelas bahwa mereka siap berdialog dengan Iran tanpa syarat," ujar Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg dalam konferensi pers.

Sepekan setelah Presiden AS Donald Trump membatalkan serangan ke Iran, para menhan Eropa yang dipimpin Perancis menggelar pertemuan khusus dengan Esper.

Di sana, mereka berusaha mendinginkan ketegangan Iran dan AS. Setidaknya ada lima negara NATO yang berbicara kepada pengganti Patrick Shanahan itu setelah pertemuan.

Menteri Pertahanan Perancis Florence Parly meminta kepada Esper untuk tidak melibatkan NATO jika nantinya AS melakukan misi tempur ke kawasan Teluk.

Bersama dengan Perancis dan sekutu Eropa lainnya, Parly juga meminta Esper supaya AS mematuhi perjanjian nuklir yang disepakati pada 2015 silam.

Turki kemudian menuturkan bahwa "dialog lebih berarti daripada sanksi", dengan negara Eropa seperti Jerman menyatakan mereka siap bekerja untuk meredakan situasi.

Sumber diplomat itu melanjutkan, Esper tidak membawa kabar intelijen terbaru. Namun, data intelijen gabungan menunjukkan serangan tanker itu hampir pasti dilakukan Iran maupun afiliasinya.

Baca juga: Inilah 7 Fakta Menarik Ketegangan AS dan Iran

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com