Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Ancaman Bom, Pesawat Air India Mendarat Darurat di Bandara London

Kompas.com - 27/06/2019, 19:25 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Reuters,NDTV

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah pesawat penumpang Air India yang hendak ke AS terpaksa mendarat darurat ke bandara London, Inggris usai mendapat ancaman bom, Kamis (27/6/2019).

Pesawat Air India penerbangan AI 191, yang berangkat dari bandara Mumbai dengan tujuan bandara Newark, New Jersey, AS, harus mendarat darurat karena ada ancaman bom.

Laporan ancaman bom diterima saat pesawat berada di atas Inggris. Angkatan Udara Kerajaan (RAF) pun mengutus jet tempur Typhoon untuk mencegat pesawat Boeing 777-337 itu dan mengawalnya hingga mendarat dengan selamat di bandara Stansted, London.

Baca juga: Ada Ancaman Bom, Pesawat Maskapai Scoot Dikawal 2 Jet Tempur Singapura

Pesawat Air India tersebut kemudian diarahkan menuju lokasi yang terisolasi dengan polisi yang telah menanti.

"Sebuah pesawat Boeing 777 milik maskapai Air India telah dialihkan ke bandara Stansted, London, sekitar pukul 10.15 pagi waktu setempat."

"Pesawat dapat mendarat dengan aman dan langsung ditangani oleh petugas dari Kepolisian Essex. Pesawat itu ditempatkan di lokasi terisolasi dan jauh dari operasi bandara normal," kata pihak bandara Stansted dalam pernyataannya.

Saat pesawat Air India memasuki wilayah bandara Stansted, landasan pacu ditutup sementara dan segera dibuka kembali setelah pesawat mendarat di lokasi yang terisolasi.

"Kami menyampaikan permintaan maaf atas gangguan yang disebabkan insiden dan berterima kasih atas kesabaran para calon penumpang sekalian," tulis pernyataan bandara di Twitter.

Kepolisian Inggris mengatakan petugasnya sedang melakukan penyisiran seluruh bagian pesawat dan memulai penyelidikan.

Baca juga: Pilot dan Kru Kabin Nyaris Berkelahi, Penerbangan Air India Tertunda

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters,NDTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com