Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Jika Jepang Diserang, Kami Bakal Memulai Perang Dunia III

Kompas.com - 26/06/2019, 20:59 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluhkan Jepang mungkin tidak akan memberikan bantuan jika saja negaranya mendapat serangan.

Dalam pembicaraan telepon seperti dikutip Fox News via The Independent Rabu (26/6/2019), Trump mengatakan jika Jepang diserang, mereka bakal membantunya.

Baca juga: Trump Sebut Melindungi Montenegro Bisa Memicu Perang Dunia III

"Jika Jepang diserang, kami bakal memulai Perang Dunia III. Kami akan membantu mereka bersama sekutu kami. Kami bakal bertempur habis-habisan," tuturnya.

Namun menurut Trump, akan berbeda jika AS yang mendapat serangan. "Jepang tidak berkewajiban untuk membantu kami. Mereka mungkin menonton dari televisi Sony," ujarnya.

Pernyataan presiden asal Partai Republik itu merupakan sikap terbaru atas serangkaian keluhan Trump terkait dengan perjanjian militer dengan Jepang.

Pada Selasa (25/6/2019), dia menyerukan kepada setiap negara yang sangat bergantung kepada keberadaan AS di Timur Tengah. Terutama Jepang dan China.

"Mengapa kami selama ini melindungi jalur perkalapan bagi negara lain selama bertahun-tahun tanpa menerima satu kompensasi pun," kritik Trump.

Pemberitaan yang muncul menyatakan Trump mempertimbangkan untuk menarik diri dari perjanjian pertahanan dengan Jepang yang sudah berlangsung 60 tahun terakhir.

Tiga sumber kepada Bloomberg menerangkan, inti dari perjanjian tersebut adalah Washington bakal terjun memberi bantuan jika Jepang mendapat serangan.

Baca juga: Tayangan TV Rusia Minta Penonton Bersiap Hadapi Perang Dunia III

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com