Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Pencurian, Gerobak Bakso Ikan di Manila Dilengkapi CCTV

Kompas.com - 26/06/2019, 19:14 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah gerobak penjaja bakso ikan atau fishball di Jalan Blumentrit, Distrik Santa Cruz, Manila, Filipina, menjadi viral di media sosial karena keunikannya. Betapa tidak, gerobak itu dilengkapi kamera CCTV.

Dilansir dari situs Phillipine News, foto ini berawal dari halaman Facebook GMA News, salah satu media online yang ada di Filipina.

Adapun pihak GMA News mengunggah foto penjual bakso ikan yang terpasang kamera CCTV di gerobak tersebut pada Rabu (19/6/2019).

Sontak, unggahan ini menjadi ramai dibicarakan di media sosial. Bahkan, hingga saat ini telah disukai sebanyak 9.945 kali dan telah dibagikan sebanyak 1.242 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Baca juga: Untuk Bersekolah, Anak-anak Ini Dimasukkan ke Plastik untuk Seberangi Sungai

Tidak hanya menampilkan foto gerobak, pada halaman GMA News juga dibubuhkan caption berikut:

"Sebuah stan bakso ikan yang unik diulas oleh platform sosial YouScooper Lee Royo Mingo (milik GMA News) di Jalan Blumentritt di distrik Santa Cruz, Manila, Filipina, pagi ini. Dengan demikian, mereka memakai cctv pada gerobaknya! Dua dari cctv itu bertujuan menipu pencuri dan bisa jadi hikicam".

Dicurangi pembeli

Diketahui, pemasangan kamera CCTV ini dilakukan penjual untuk mencegah pencurian orang yang berpura-pura menjadi pembeli bakso ikan. Ada juga pembeli yang melakukan kecurangan dengan mengambil secara diam-diam.

Mengetahui keunikan ini, beberapa warganet berkomentar tentang adanya CCTV itu.

"Saya tidak mengambil begitu banyak (bakso ikan). Tuhan itu melihat saya, jadi jangan menipu orang lain. Kita tidak akan bisa makan bakso ikan yang tidak dibayar," tulis akun Jayson Castillo.

"Di mana ia mendapatkan sumber listrik? Di bawah kompor? Alih-alih melihat bakso ikan, ia perlu memantau ponsel berkoneksi internet, sehingga ia dapat melihat siapa yang dapat tusukan bakso ikan yang berlebih," tulis akun Lyn Jabonete Zarco.

"Meskipun tidak ada cctv, tapi Tuhan tahu mereka yang berbuat curang. Hal itu menyakitkan bahwa Anda hanya memiliki banyak uang dan saya akan mencoba untuk stick to stick," tulis Patrisha Grace Sehgal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com