Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2019, 16:35 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Seorang anggota Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berjuluk Jihadi Jack kembali mengungkapkan keinginannya untuk kembali pulang ke Inggris.

Berbicara dari penjara di Suriah setelah dia ditahan otoritas Kurdi, pria bernama Jack Letts itu mengaku merasa bersalah terhadap orangtuanya, John Letts dan Sally Lane.

Letts dan dan Lane diputus bersalah oleh pengadilan kriminal karena terbukti mendukung terorisme dengan memberikan uang kepada Jack meski sudah diperingatkan.

Baca juga: Anggota ISIS Berjuluk Jihadi Jack Kangen Ibu dan Ingin Pulang ke Inggris

"Saya merasa bersalah karena saya lah alasan utama mereka jadi divonis bersalah," kata Jack dalam wawancara dengan Sky News seperti dilansir Minggu (23/6/2019).

Jack yang meninggalkan kampung halamannya di Oxford pada 2014 itu mengaku bisa memahami jika dirinya dihukum. "Namun ibu saya tidak seharusnya disalahkan," katanya.

Dia menuturkan ayah dan ibunya memberikannya uang supaya dia bisa meninggalkan Suriah. Bukan karena mereka berupaya mendanai sebuah kegiatan teroris.

Jack mengaku sangat terkejut ketika pengadilan yang dikenal sebagai Old Bailey memutus orangtuanya bersalah. "Mereka bahkan bukan Muslim," tuturnya.

Dia mengaku uang yang sebesar 300 dollar AS, sekitar Rp 4,2 juta, dia gunakan untuk membeli kacamata dan makanan. "Bagaimana bisa dua ateis mendanai teroris? Tak masuk akal," terangnya.

Jack mengatakan dia sangat ingin untuk pulang. "Saya tidak berniat meledakkan rakyat Inggris," katanya seraya berujar dia mengakui jika ada yang memusuhinya.

Apalagi dikutip BBC via The Independent, dia mengaku sempat bersiap untuk menjadi pelaku bom bunuh diri. Bedanya, dia tidak ingin melakukannya sambil mengenakan rompi.

"Percaya atau tidak, saya ingin melakukannya sambil berada di dalam mobil. Saya sempat bergumam bahwa jika ada kesempatan, saya akan melakukannya," akunya.

Jack mengakui dia sempat berperang melawan pasukan dari rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. Kini, dia berkata sudah menyesal sudah berada di "orang yang salah".

Dia meminta orangtuanya untuk bersabar. "Saya berharap bisa bertemu dengan mereka suatu hari nanti. Saya ingin melihat mereka, lebih dari hidup saya," ujarnya.

Baca juga: Anggota ISIS Berjuluk The Beatles Mengaku Menyesal dan Minta Maaf

Sementara itu, Lane mengaku dia dan suaminya sangat bersyukur setelah mengetahui kondisi putra mereka baik-baik saja, dan bahwa ternyata dia memikirkan mereka.

"Sekarang, kami hanya ingin mengeluarkannya dari sana. Situasi menyedihkan ini sudah berlangsung terlalu lama. Kami akan melakukan kampanye agar dia mendapat persidangan yang adil," beber Lane.

Dalam pernyataan di depan persidangan, Lane mengatakan dia hanya melakukan "apa yang dilakukan setiap orangtua jika melihat nyawa anak mereka dalam bahaya."

Lebih lanjut, Kepala Eksekutif Active Change Foundation Hanif Qadir yang pernah berusaha menderadikalisasi Jack menuturkan, dia masih melihat Jack sebagai ancaman.

"Namun kami bisa mengubah ancaman itu menjadi sebuah harapan jika kami bisa mendapat kesempatan untuk bekerja sama dengan individu itu," terang Qadir.

Baca juga: Kurdi Suriah Serahkan 14 Anak Yatim Piatu ISIS kepada Perancis dan Belanda

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com