Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Bakal Salip China sebagai Negara Berpopulasi Terbesar pada 2027

Kompas.com - 23/06/2019, 16:48 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Berdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh PBB, India diprediksi bakal menyalip China sebagai negara dengan penduduk terbesar dunia delapan tahun lagi.

Baik China dan India jika digabungkan menyumbang sekitar 38 persen total populasi dunia. China berpenduduk 1,43 miliar jiwa, sementara India 1,37 miliar.

Baca juga: PBB: Indonesia Ikut Bertanggung Jawab dalam Pertumbuhan Populasi Dunia pada 2050

Namun merujuk kaporan World Population Prospect PBB 2019 seperti dikutip The Independent Sabtu (22/6/2019), India bakal menyalip China pada 2027 mendatang.

Perubahan ini terjadi sebagai akibat dari tingkat kematian yang melebihi kelahiran di China, di mana populasinya bakal turun 31,4 juta antara 2019 dan 2050.

Sementara itu, laporan itu menyatakan negara yang terkenal dengan film Bollywood itu bakal melonjak hingga 1,5 miliar. Populasi Bumi dilaporkan bakal bertambah.

Berdasarkan laporan PBB, diprediksi penduduk Bumi bakal membeludak hingga 9,7 miliar jiwa pada 2050, dan meningkat hingga 11 miliar di akhir abad ke-21.

Selama 30 tahun itu, pertumbuhan penduduk tak hanya dirasakan India dan China. Namun juga Nigeria dengan 733 juta. Amerika Serikat (AS) berada di urutan empat dengan 434 juta.

Kemudian Pakistan masih tetap berada di posisi lima dengan 404 juta. Populasi sub-Sahara di Afrika diprediksi bakal berlipat ganda pada 2050 ke depan.

Sembilan negara yang diprediksi bakal membludak antara lain India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Etiopia, Tanzania, Indonesia, Mesir, dan AS.

Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Bidang Ekonomi dan Sosial Liu Zhenmin berkata, kebanyakan ledakan penduduk bakal dirasakan di negara miskin.

"Pertambahan populasi itu menjadi tantangan perang melawan kemiskinan, keadilan sosial, kelaparan dan malnutrisi, hingga kesamaan pada pendidikan," paparnya.

Baca juga: Populasi Melonjak, Perancis Tambah Kuota Perburuan Serigala

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com