Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Kunjungan Xi, Hubungan China dan Korea Utara Makin Erat?

Kompas.com - 22/06/2019, 09:31 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

PYONGYANG, KOMPAS.com - Presiden China Xi Jinping baru saja melakukan kunjungan selama dua hari ke Korea Utara, pada Kamis hingga Jumat (20-21/6/2019).

Xi, pemimpin China pertama dalam 14 tahun terakhir yang berkunjung ke Korut, disambut dengan meriah oleh Kim Jong Un dan rakyat Pyongyang yang menampilkan tarian dan nyanyian.

Namun apa hasil yang dicapai dari kunjungan tersebut? Apakah hubungan kedua negara kini menjadi semakin erat?

China merupakan satu-satunya sekutu besar Korea Utara dan kunjungan Xi ke Pyongyang dilakukan setelah Kim Jong Un melakukan empat kali perjalanan ke Beijing.

Baca juga: Ketika Xi Jinping Hadir di Kisah Cinta Trump dan Kim Jong Un

Dilansir AFP, media pemerintah Korea Utara, KCNA, melaporkan bahwa Kim Jong Un dan Presiden Xi telah mencapai sebuah konsensus penting selama kunjungan pemimpin China ke Pyongyang.

Kedua pemimpin itu telah sepakat untuk melanjutkan hubungan persahabatan China dan Korea Utara tanpa mempedulikan situasi internasional.

"Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Cina Xi Jinping mencapai konsensus tentang masalah penting dan sepakat akan melanjutkan hubungan persahabatan apa pun situasi internasional," tulis KCNA, pada Sabtu (22/6/2019).

Selama agenda makan siang bersama, pada Jumat (21/6/2019), sebelum Xi kembali ke negaranya, kedua pemimpin disebut membahas serangkaian rencana untuk memperkuat kolaborasi antara China dengan Korut.

"Kedua pemimpin berbicara tentang kebijakan internal dan eksternal utama dari masing-masing negara dan mereka saling bertukar pandangan tentang masalah domestik maupun isu internasional yang menjadi perhatian bersama," lanjut KCNA tanpa penjelasan lebih lanjut.

Kunjungan Xi ke Korea Utara juga dilakukan sepekan sebelum Xi dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di sela pertemuan G20 di Osaka, Jepang.

Disebutkan jika dalam pertemuan tersebut kedua pemimpin negara akan kembali membahas tentang perang dagang China dengan AS yang telah mengguncang pasar keuangan global.

Baca juga: Datang ke Korut, Presiden Xi Jinping Disambut Nyanyian Aku Cinta China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com