Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Perempuan Pertama yang Terjun dari Pesawat dan Gunakan Parasut

Kompas.com - 21/06/2019, 19:28 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada 1920-an, dunia aviasi mulai berkembang setelah teknologi pesawat mulai ditemukan. Beberapa orang mulai berinovasi membuat dan mengembangkan pesawat.

Tak hanya itu saja, sekolah penerbangan juga mulai hadir. Mereka yang ingin belajar menerbangkan pesawat harus mempunyai surat izin khusus agar bisa punya legalitas.

Tantangan lain hadir bersaman dengan perkembangan pesawat, yakni terjun dari pesawat yang terbang di udara. Walaupun berbahaya, ternyata ini merupakan wahana yang dipastikan mampu menarik perhatian orang lain.

Salah seorang bernama Georgia Ann Thompson atau Tiny Broadwick asal Amerika Serikat dengan berani mencoba tantangan ini. Berbekal pengalaman terjun dari balon udara, dia akhirnya terjun bebas dari pesawat untuk kali pertama.

Catatan bersejarah ini dia awali dengan terbang bersama pilot bernama Glenn L Martin menggunakan pesawat Martin T pada 21 Juni 1913 di atas Los Angeles, Amerika Serikat.

Keberhasilan Tiny menjadikannya sebagai perempuan pertama yang terjun bebas dari pesawat menggunakan parasut.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Pilot Perempuan Pertama Terbang dari Inggris ke Australia

Pengalaman balon udara

Georgia ?Tiny? Broadwickairandspace Georgia ?Tiny? Broadwick

Georgia Ann Thompson Broadwick lahir pada 1893 di Granville County, North Carolina. Dia lahir dengan berat hanya 1,4 kilogram dan ketika dewasa tingginya tak lebih dari 1,5 meter.

Akhirnya banyak dari teman-teman sebayanya menyapa dengan panggilan "Tiny". Berbeda dengan kebanyakan anak yang menikmati masa kecilnya, dia menikah pada usia 12 tahun dan menjadi seorang ibu pada usia 13 tahun.

Suaminya meninggal dalam suatu kecelakaan sehingga mengharuskannya bekerja 14 jam sehari di pabrik kapas untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun, semuanya berubah ketika dia melihat sebuah pertunjukan balon udara di North Carolina State Fair pada 1907. Dengan sangat berani dan antusiasme yang tinggi, dia naik ke atas balon udara dan mencoba terjun dari atas ketinggian.

Tak hanya itu saja, Tiny juga melayang di udara dengan bantuan parasut. Tiny memberanikan diri untuk bertanya kepada pemimpin pertunjukan untuk bergabung dalam grup tersebut agar bisa bepergian dan terus melakukan aksinya.

Georgia Ann Thompson berangkat untuk kehidupan baru dan tempat terhormat dalam sejarah penerbangan. Dia mendapatkan pelatihan dari pihak balon udara untuk melakukan lompatan parasut.

Dari kota ke kota, balon udara itu menjadikan Tiny semakin lihai untuk atraksi penerjunan. Namanya juga berubah menjadi Tiny Broadwick.

Surat kabar juga sering menggambarkan dia sebagai paling berani yang mencatat lompatan bahaya dari ketinggian tanpa ketakutan. Inilah yang menjadikannya terpanggil untuk bisa terbang dari atas pesawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com