Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Batalkan Serangan ke Iran Saat Jet Tempur Sudah Terbang

Kompas.com - 21/06/2019, 16:07 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Reuters

TEHERAN, KOMPAS.com - Sebagai balasan atas drone yang ditembak jatuh oleh Iran, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dikabarkan mengizinkan perintah serangan.

Setelah ketegangan yang terjadi pasca-serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman pekan lalu, Iran mengklaim sudah menghancurkan drone jenis RQ-4A Global Hawk.

Baca juga: Trump Batalkan Serangan ke Iran di Detik Terakhir

Sebagai balasannya, New York Times yang mengutip sumber internal Gedung Putih memberitakan, jet tempur langsung diterbangkan dengan kapal perang sudah ada di posisi menyerang.

Namun dikutip Reuters Jumat (21/6/2019), serangan balasan itu urung terjadi setelah Trump memerintahkan pembatalan tanpa ada senjata yang ditembakkan.

Pejabat anonim yang ikut dalam pertemuan itu mengatakan, serangan balasan AS menyasar radar serta sistem daya rudal Iran dan dilaksanakan pada dini hari guna meminimalkan risiko.

Kemudian seorang pejabat Iran menimpali bahwa sebelum serangan itu, Trump sempat mengirim peringatan melalui Oman bahwa serangan AS bakal segera terjadi.

Pejabat Iran yang tak ingin disebutkan namanya itu berkata dalam pesannya, Trump menentang perang dan menginginkan perundingan untuk membahas berbagai isu.

Dia meminta Teheran balasan secepatnya. Pejabat itu mengungkap Teheran bahwa kewenangan untuk berunding ada di tangan Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Sementara sumber kedua Iran menuturkan, mereka sudah menegaskan Khamenei menentang perundingan dengan AS. "Namun pesan ini kami sampaikan supaya beliau yang memutuskan," terangnya.

"Bagaimana pun, kami sudah memberi tahu Oman bahwa serangan yang dilakukan kepada Iran bakal memberikan konsekuensi baik regional maupun internasional," tambahnya.

Tidak jelas apakah serangan bakal tetap dilaksanakan atau Trump berubah pikiran. Ataukah pemerintahannya menyoroti persiapan logistik dan strategi.

Baca juga: Iran: Kami Beri Peringatan ke AS lewat Drone yang Ditembak Jatuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com