Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Tembak Jatuh Sebuah "Drone" Milik Amerika Serikat

Kompas.com - 20/06/2019, 17:06 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP,Gulf News

TEHERAN, KOMPAS.com - Pasukan Garda Revolusi Iran, Kamis (20/6/2019), menembak jatuh sebuah drone milik Amerika Serikat.

Garda Revolusi mengatakan, drone yang ditembak jatuh itu adalah jenis RQ-4 Global Hawk yang sedang terbang di atas wilayah udara Iran.

Namun, seorang pejabat AS kepada kantor berita Associated Press mengatakan, drone itu ditembak jatuh saat terbang di ruang udara internasional di atas Selat Hormuz.

Komandan Garda Revolusi Hossein Salami mengatakan, penembakan drone itu menjadi pesan bahwa Iran akan mempertahankan perbatasannya.

Baca juga: Presiden Iran: Dunia Memuji Kami karena Berhadapan dengan AS

"Kami menegaskan tidak ingin berperang tetapi kami siap merespon setiap pernyataan perang," kata Salami seperti dikutip kantor berita Tasnim.

Sebelumnya, militer AS menuding Iran telah menembakkan misil ke arah sebuah drone pekan lalu yang merespon serangan terhadap dua kapal tanker di Teluk Oman.

Seperti diketahui, AS menuding Iran menjadi dalang serangan terhadap kedua tanker itu. Teheran membantah keterlibatannya dalam insiden tersebut.

Serangan ini terjadi di tengah memanasnya relasi antara AS dan Iran menyusuk keputusan Presiden Donald Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir dengan Iran setahun lalu.

Penerapan kembali berbagai sanksi terhadap Iran amat memukul perekonomian Iran yang sudah terpuruk.

Baca juga: Tuduh Iran Pelaku Serangan Kapal Tanker, AS Kirim 1.000 Tentara ke Timur Tengah

Selain itu, Washington juga memperkuat kehadiran militernya di Timur Tengah sebagai bentuk
"tekanan maksimal" terhadap Teheran.

Pengerahan sebuah gugus tugas yang diperkuat kapal induk dan pesawat pengebom B-52 ke kawasan Teluk memicu kekhawatiran munculnya konflik baru di wilayah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,Gulf News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com