Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkatan Laut AS Kirim Kapal Rumah Sakit untuk Bantu Pengungsi Venezuela

Kompas.com - 19/06/2019, 14:14 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP,CBS Miami

MIAMI, KOMPAS.com - Angkatan Laut Amerika Serikat akan mengirim kapal rumah sakit USNS Comfort yang ditetapkan pekan ini ke Karibia dan Amerika Latin dalam misi membantu para pengungsi Venezuela.

Pengumuman pengerahan kapal rumah sakit itu disampaikan Wakil Presiden AS Mike Pence, yang didampingi Kepala Komando Selatan AS Laksamana Craig Fuller, di hadapan sekelompok warga Venezuela di Miami, Selasa (18/6/2019).

"Kami bersama kalian," kata Pence dalam bahasa Spanyol, yang disambut teriakan "Amin!" dari warga Venezuela.

Pengerahan kapal rumah sakit itu dijadwalkan dimulai pada Kamis (20/6/2019) dan akan menjadi misi kedua kapal tersebut di wilayah itu dalam setahun terakhir untuk membantu para pengungsi Venezuela.

Baca juga: Krisis Venezuela: Kapal Rumah Sakit dari China Berlabuh di La Guaira

Dalam perjalanan misi kemanusiaan selama lima bulan, kapal rumah sakit USNS Comfort akan singgah di Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Grenada, Haiti, Jamaika, Panama, Republik Dominika, St Lucia, dan St Kitts and Nevis.

PBB memperkirakan hingga 3,3 juta orang telah melarikan diri dari krisis yang terjadi di Venezuela sejak awal 2016. Banyak yang berjalan kaki melalui negara-negara tetangga.

Para pengungsi asal Venezuela itu berpindah ke negara-negara tetangga, dengan yang terbanyak diterima Kolombia sekitar 1,3 juta, kemudian diikuti Peru dengan 750.000 pengungsi.

Pence menyalahkan kegagalan kebijakan sosial Presiden Venezuela Nicolas Maduro telah memicu terjadinya krisis berkepanjangan.

Namun Maduro balik menyalahkan Washington, yang telah menjatuhkan sanksi kepada rezim pemerintahannya, atas kehancuran perekonomian negara itu yang dulu kaya akan hasil minyak bumi.

Selama perjalanan tersebut, tim medis dari Angkatan Laut AS akan memberi perawatan di atas kapal maupun di lokasi-lokasi kamp medis di darat.

Keberadaan bantuan tim medis dan kapal rumah sakit Angkatan Laut AS itu diharapkan dapat membantu meringankan beban pada sistem medis nasional yang tegang sebagian oleh peningkatan pengungsi Venezuela.

Baca juga: PBB: 3,3 Juta Orang Melarikan Diri dari Krisis di Venezuela sejak 2016

Kapal rumah sakit Comfort akan membawa sekitar 1.000 orang, termasuk sekitar 200 tenaga medis profesional.

Layanan medis yang dapat dilakukan di kapal rumah sakit itu termasuk bedah, sinar-x, pemindaian CAT, pemeriksaan gigi, laboratorium optometri dan lensa, pusat terapi fisik, dan farmasi.

Kapal tersebut juga akan menyimpan hingga 5.000 unit darah untuk keperluan medis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP,CBS Miami
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com