Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Sukses Gadis Pemulung Kamboja hingga Jadi Lulusan Terbaik di Australia

Kompas.com - 19/06/2019, 12:04 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

Sumber Asia One

KOMPAS.com — Seorang mahasiswi asal Kamboja yang pernah menjadi pemulung, Sophy Ron, lulus dengan prestasi yang membanggakan di Trinity College, The University of Melbourne, Australia, pada Jumat (24/5/2019).

Dilansir dari AsiaOne, Sophy menghabiskan masa kecil dengan mengais sampah di Phnom Penh demi membantu keuangan keluarga. Dengan demikian, ia tidak merasakan masa-masa mengenyam pendidikan sampai usia 11 tahun.

Sophy dan keluarga saat itu bertahan hidup dengan berharap mendapatkan makanan yang dibuang dan berhasil mendapatkannya dalam keadaan baik dari tempat sampah.

Hingga kemudian, sebuah organisasi nirlaba bernama Cambodian Children's Fund (CCF) menyelamatkan Sophy dari rutinitas menghirup asap beracun dan mencari sisa-sisa makanan. Lembaga itu memberinya beasiswa penuh.

Kala itu, CCF menjalankan program pendidikan yang mencakup fasilitas pendidikan dan sekolah satelit yang melayani masyarakat miskin.

Menurut CCF, komunitas mereka sanggup menjangkau beberapa orang miskin di tempat pembuangan sampah, bahkan di tempat yang terpelosok sekalipun.

Baca juga: Mengangkat Nasib Para Pemulung dari Sampah

Diketahui, Sophy adalah siswa CCF pertama yang memenangi beasiswa penuh ke perguruan tinggi. Menariknya, Sophy menjadi mahasiswa lulusan terbaik di Trinity College, Melbourne.

Sophy juga diberi kehormatan sebagai mahasiswa terpilih yang mengucapkan pidato perpisahan pada upacara kelulusannya.

"Saya sangat bersemangat, tetapi sangat gugup," ujar Sophy setelah ia menyampaikan pidato penutup pada upacara kelulusan.

"Acara berjalan sangat lancar. itu luar biasa," kata dia.

Dilansir dari situs CCF, cambodianchildrensfund.org, Sophy bukanlah satu-satunya siswa CCF yang belajar di Trinity College.

Pada Maret 2019, dua siswa bernama Yem Sovannry (18) dan Seng Hoarng (19) mengambil beasiswa penuh untuk program studi yayasan.

Setelah lulus dari pendidikan sekolah menengah atas di Akademi Cripps Neeson, mereka bergabung dengan Sophy di Australia.

Yem dan Seng berharap mereka bisa mengikuti jejak Sophy dengan melanjutkan pendidikan untuk gelar sarjana di The University of Melbourne yang bergengsi dan hadir di acara wisuda Sophy.

Setelah lulus, Sophy kembali ke Kamboja untuk liburan dan merayakan kelulusan dengan keluarga dan teman-teman.

Baca juga: 6 Perempuan Inspiratif yang Berhasil Menjelajahi Antariksa..

Halaman:
Sumber Asia One
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com