Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah: Patung Liberty Tiba di Pelabuhan New York

Kompas.com - 17/06/2019, 12:14 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap negara mempunyai bangunan atau landmark ikonik masing-masing. Jika Perancis memiliki Menara Eiffel, Amerika Serikat memiliki Patung Liberty. Patung ini berdiri kokoh setinggi 46 meter di Pelabuhan New York, Amerika Serikat.

Patung ini tak dibangun sendiri oleh masyarakat Amerika Serikat, melainkan pemberian atau hadiah dari Perancis. Dengan menggunakan kapal laut, Patung Liberty dibawa dari Perancis menuju Amerika Serikat melintasi Samudra Atlantik.

Hari ini 134 tahun yang lalu, tepatnya 17 Juni 1885, Patung Liberty akhirnya sampai di Pelabuhan New York. Kedatangan patung raksasa ini disambut begitu antusias oleh masyarakat Amerika Serikat.

Dilansir dari History, Patung Liberty diangkut dengan menggunakan kapal fregat dan terbagi menjadi 350 bagian. Berbahan dasar paduan dari tembaga dan baja, patung ini kemudian dirakit kembali.

Patung Liberty diresmikan dalam sebuah upacara yang dipimpin oleh Presiden AS Grover Cleveland pada 28 Oktober 1886. Patung ini menghadap ke Timur, menyapa kapal-kapal yang datang sambil juga melihat kembali ke tempat kelahirannya di Perancis.

Setelah saat itu, Patung Liberty kemudian dikenal di seluruh dunia sebagai simbol kebebasan dan demokrasi.

Baca juga: Jadi Hadiah 100 Tahun Kemerdekaan AS, Ini 7 Fakta Unik Patung Liberty

Hadiah persahabatan

Patung Liberty awalnya merupakan sebuah hadiah persahabatan dari orang-orang Perancis kepada orang-orang Amerika Serikat.

Selain itu juga memperingati aliansi Perancis-Amerika selama Revolusi Amerika dan juga untuk merayakan peringatan Deklarasi Kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Seorang pematung terkenal dari Perancis bernama Frederic Auguste Bartholdi mendapat kepercayaan untuk membangun patung ini. Dia juga mendapat bantuan dari insinyur Gustave Eiffel.

Kongres AS juga segera segera menunjuk tempat yang pantas untuk dijadikan tempat patung ini. Bartholdi kemudian membuat desain dengan sosok perempuan berjubah yang mewakili Libertas atau dewi kebebasan Romawi. Lengannya terangkat dan memegang obor.

Dilansir dari Smithsonian, pekerjaan pada patung dimulai pada awal 1870-an. Bartholdi kemudian segera menyelesaikan kepala dan lengan yang membawa obor. Potongan ini kemudian dipamerkan di berbagai pameran internasional.

Pembangunan Patung Liberty di PerancisSmithsonian Pembangunan Patung Liberty di Perancis

Lengan pembawa obor ditampilkan di Centennial Exposition di Philadelphia pada tahun 1876, dan di Madison Square Park di Manhattan sejaj 1876 hingga 1882.

Patung ini dibangun dari lembaran tembaga, dirangkai pada rangka penopang baja. Pembangunannya diawasi oleh insinyur Eugene Emmanuel Viollet le-Duc dan Alexandre Gustave Eiffel.

Megaproyek ini ternyata mengalami kesulitan pendanaan. Berbagai upaya dilakukan oleh tim dengan melakukan penggalangan dana, baik mencari sumbangan atau lelang tertentu.

Dampaknya, pembuatan ini membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Patung itu sendiri menelan biaya sekitar 250.000 dollar dari Perancis.

Baca juga: Museum Patung Liberty Dibuka Mei 2019

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com