Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Septic Tank Hotel, 7 Orang di India Tewas

Kompas.com - 15/06/2019, 15:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

AHMEDABAD, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh orang dilaporkan tewas kehabisan oksigen ketika membersihkan septic tank sebuah hotel di kawasan barat India tanpa peralatan.

Otoritas menerangkan, pemilik hotel dijerat dengan tuduhan ketelodoran sehingga menyebabkan kematian dalam insiden yang terjadi Jumat (14/6/2019) di Distrik Vadodara.

Baca juga: Seorang Pria di Bekasi Tercebur ke Septic Tank Saat Kabur karena Dikejar Warga

Dilansir AFP Sabtu (15/6/2019), empat di antara korban tewas merupakan orang yang dipanggil membersihkan. Sementara sisanya adalah staf hotel yang membantu.

Ratusan ribu orang yang berasal dari kalangan bawah dikenal sebagai "penyapu manual" yang membersihkan pipa bawah tanah hingga septic tank tanpa peralatan memadai.

Kepala Pemadam Kebakaran Vadodara Ninuknj Azad menjelaskan, awalnya ada satu orang yang memasuki tangki. Namun dia tidak muncul dan tidak merespon saat dipanggil.

"Jadi, tiga petugas bersih-bersih lainnya mengikuti turun ke bawah," terang Azad. Namun sama seperti yang pertama, ketiganya juga tak menampakkan batang hidung.

Karena itu, tiga orang staf hotel diperintahkan untuk membantu petugas tersebut. Nyatanya kata Azad, mereka juga tewas ketika berada di dalam tangki.

Azad mengatakan, jenazah dari ketujuh orang itu segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pemeriksaan postmortem. Kematian akibat sesak napas sering dilaporkan di India.

Tahun lalu, lima orang di New Delhi tewas ketika membersihkan tangki pengolahan limbah. Para politisi sebenarnya sudah menangkal lewat undang-undang.

Namun banyak dari petugas pembersih itu datang dari subkontraktor sehingga sulit bagi aparat untuk melacak siapa yang bertanggung jawab jika terjadi insiden.

Di kawasan pedesaan, predikat "pembersih" itu jatuh kepada perempuan di mana mereka bertugas untuk membersihkan toilet tradisional pakai peralatan seadanya.

Tidak ada data resmi. Namun sebuah survei yang dilakukan memperlihatkan angka 1.370 orang di India meninggal setiap tahunnya karena melakukan pekerjaan itu.

Baca juga: Penemuan Kerangka Manusia di Septic Tank Rumah Kosong Kagetkan Warga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com