Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Latihan Militer Vietnam Jatuh, Dua Pilot Tewas

Kompas.com - 14/06/2019, 21:57 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HANOI, KOMPAS.com - Dua pilot Vietnam tewas setelah pesawat militer yang mereka terbangkan jatuh saat menjalani sesi latihan, Jumat (14/6/2019).

Insiden jatuhnya pesawat militer itu terjadi di Provinsi Khanh Hoa. Kedua pilot sedang melakukan sesi latihan dengan menerbangkan pesawat pelatihan Yakovlev Yak-52 buatan Rusia.

Pesawat dilaporkan jatuh di dekat kawasan gunung. Seorang pilot ditemukan tewas di lokasi insiden, sementara seorang pilot lainnya meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

"Seorang pilot ditemukan sudah dalam kondisi tak bernyawa, sedangkan seorang pilot meninggal di perjalanan ke rumah sakit," kata Nguyen Ngoc Khue, kepala komune setempat di mana kecelakaan terjadi.

Lokasi jatuhnya pesawat segera ditutup untuk umum guna dilakukan penyelidikan.

Baca juga: Dua Pesawat Militer AS Kecelakaan, Enam Anggota Marinir Hilang

Foto-foto yang beredar di media menunjukkan gumpalan asap yang mengepul dari pesawat yang jatuh.

Meski Vietnam termasuk memiliki catatan baik dalam penerbangan sipil, namun kecelakaan pesawat maupun helikopter militer dilaporkan kerap terjadi.

Kebanyakan insiden kecelakaan pesawat militer Vietnam melibatkan armada udara yang telah berusia tua yang diperoleh dari sekutu lamanya, Rusia.

Pesawat Yak-52 termasuk dalam salah satu armada lawas militer Vietnam. Pertama kali diterbangkan pada 1976 di Rusia, pesawat ini lantas diproduksi di pabrik yang berada di Rumania oleh perusahaan Aerostar.

Pesawat tersebut dirancang untuk latihan pilot olahraga sipil, namun juga kerap digunakan oleh pilot militer di bekas Uni Soviet.

Sebelumnya pada Juli 2018, dua pilot Angkatan Udara Vietnam dilaporkan tewas dalam latihan terbang setelah pesawat Sukhoi Su-22 buatan Rusia yang mereka terbangkan jatuh di Provinsi Nghe An.

Kecelakaan pesawat militer juga sempat terjadi pada 2016 yang menewaskan setidaknya 14 orang.

Baca juga: Pesawat Militer Rusia Hilang dari Radar di Perairan Suriah

Vietnam tengah berupaya untuk memodernisasi perlengkapan militernya, termasuk armada pesawat tempur mereka dengan membeli dari mitra di luar sekutu lama Rusia, termasuk dari Perancis, Jerman, dan Israel.

Vietnam juga mendapat dorongan dari AS untuk membeli peralatan tempur dari mereka, namun para pengamat mengatakan, Vietnam bakal kesulitan untuk membayar tagihan jika membeli perangkat keras militer dari negara adidaya itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com