Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Berencana Bangun Stasiun Luar Angkasa "Mini"

Kompas.com - 14/06/2019, 07:09 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

NEW DELHI, KOMPAS.com - India berencana untuk membangun stasiun luar angkasa milik mereka sendiri dalam satu dekade mendatang.

Pembangunan stasiun luar angkasa berukuran "sangat kecil" itu diharapkan dapat terlaksana usai India meluncurkan misi penerbangan luar angkasa berawak pertama pada 2022 mendatang.

"Stasiun luar angkasa kami akan berukuran sangat kecil dan berguna untuk melakukan eksperimen," kata Kepala Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO), Kailasavadivoo Sivan, Kamis (13/6/2019).

"Kami tidak memiliki rencana besar seperti mengirimkan manusia untuk wisata luar angkasa atau hal-hal lainnya," tambah Sivan, mengacu pada rencana NASA yang akan membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk turis.

Baca juga: India Ungkap Pesawat Luar Angkasa untuk Misi Pendaratan di Bulan

Menurut Sivan, stasiun luar angkasa India nantinya akan mampu untuk menampung anggota kru selama beberapa tahun, menyediakan fasilitas untuk eksperiman, serta dilengkapi kendaraan pendukung.

India berencana untuk memberangkatkan misi luar angkasa berawak pertamanya, dengan nama Gaganyaan, yang dijadwalkan diluncurkan pada tahun 2022, bertepatan dengan peringatan 75 tahun kemerdekaan negara.

Misi tersebut akan membawa dua hingga tiga astronot dalam misi selama maksimal tujuh hari.

Pengumuman yang disampaikan ISRO terkait rencana membangun stasiun luar angkasa itu datang sehari setelah badan luar angkasa negara itu mengungkapkan pesawat luat angkasa tak berawak, Chandrayaan-2, yang akan dikirim untuk misi pendaratan ke Bulan pada 15 Juli mendatang.

Misi tersebut sebagai tindak lanjut atas keberhasilan misi luar angkasa pertama India pada 2008, yang disebut berperan penting dalam penemuan molekul air di Bulan.

India disebut telah membuat langkah besar dalam bidang perjalanan luar angkasa selama beberapa tahun terakhir dan telah menjadi pelopor untuk teknologi luar angkasa berbiaya rendah.

Baca juga: 2020, NASA Bakal Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Turis

Negara itu mencatatkan rekor dengan meluncurkan sebanyak 104 satelit dalam satu misi peluncuran pada 2017 lalu.

Sebelumnya pada Maret lalu, India telah mengklaim sukses menghancurkan satelit pada orbit rendah dalam uji coba rudal untuk membuktikan bahwa negara itu layak untuk masuk sebagai negara dengan kekuatan antariksa paling maju di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com