Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Ungkap Pesawat Luar Angkasa untuk Misi Pendaratan di Bulan

Kompas.com - 12/06/2019, 18:10 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

BENGALURU, KOMPAS.com - Organisasi Riset Luar Angkasa India (ISRO), pada Rabu (12/6/2019), mengungkap pesawat luar angkasa yang akan diluncurkan menuju Bulan pada Juli mendatang.

Pesawat yang diberi nama Chandrayaan-2 itu akan seberat 3,8 ton dan terdiri dari pengorbit, pendarat, dan penjelajah, yang dikembangkan oleh ISRO.

Misi peluncuran ke luar angkasa tersebut, yang kedua bagi India, akan dilakukan dari pusat ruang angkasa Sriharikota pada 15 Juli mendatang.

Diharapkan pesawat sudah akan mendarat di dekat kutub selatan Bulan pada 6 September.

Apabila misi dapat berjalan dengan lancar, India akan menjadi negara keempat di dunia yang sukses mencapai Bulan setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, dan China.

Baca juga: India Tembak Satelit Pakai Rudal, Serpihannya Ancam Stasiun Luar Angkasa Internasional

Setelah mendarat, pesawat luar angkasa akan melepaskan perangkat penjelajah yang akan dikendalikan dari jarak jauh oleh para ilmuwan ISRO.

"Strategi yang digunakan tidak akan berbeda dengan saat meluncurkan Chandrayaan-1 ke Bulan. Namun untuk pendaratannya akan sama sekali berbeda."

"Ini akan menjadi misi paling kompleks yang pernah dilakukan oleh ISRO," kata Kailasavadivoo Sivan, kepala ISRO.

Anggaran dalam misi peluncuran kali ini, termasuk untuk navigasi menggunakan layanan asing, mencapai 6,03 miliar rupee atau sekitar Rp 1,2 triliun.

Jumlah tersebut akan bertambah 3,75 miliar rupee (sekitar Rp 770 miliar) untuk peluncuran.

"Tujuan misi tersebut adalah untuk menggunakan teknologi luar angkasa untuk kepentingan masyarakat awam," tambahnya, dilansir AFP.

India telah melakukan lompatan besar dalam misi perjalanan luar angkasanya dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga: 2020, NASA Bakal Buka Stasiun Luar Angkasa Internasional untuk Turis

Negara itu mencatatkan rekor dengan meluncurkan sebanyak 104 satelit dalam satu misi peluncuran pada 2017 lalu. India juga terus membangun reputasi untuk misi eksplorasi luar angkasa yang lebih ekonomis dan ilmiah.

Sebelumnya pada Maret lalu, India telah mengklaim sukses menghancurkan satelit pada orbit rendah dalam uji coba rudal untuk membuktikan bahwa negara itu layak untuk masuk sebagai negara dengan kekuatan antariksa paling maju di dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com