Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koalisi Saudi Kembali Klaim Tembak Jatuh Dua "Drone" Houthi

Kompas.com - 11/06/2019, 17:13 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

RIYADH, KOMPAS.com - Pasukan pertahanan udara Arab Saudi kembali mengklaim telah berhasil menembak jatuh dua drone yang disebut diluncurkan kelompok pemberontak Houthi di Yaman, pada Senin (10/6/2019).

Drone atau pesawat tak berawak itu disebut menargetkan kota Khamis Mushait di selatan kerajaan Saudi. Serangan itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban setelah berhasil dicegat.

Demikian menurut pasukan koalisi Arab Saudi di Yaman dalam pernyataan yang dirilis badan pers Saudi, SPA.

Sebelumnya, pemberontak melalui outlet berita mereka, Al-Masirah, mengatakan bahwa mereka menargetkan pangkalan udara King Khalih yang berada di dekat Khamis Mushait.

Baca juga: Arab Saudi Gagalkan Serangan Drone Peledak Houthi yang Incar Bandara

Serangan itu terjadi setelah SPA melaporkan bahwa koalisi Saudi akan mengintensifkan serangan udara ke posisi Houthi di provinsi Hajjah, Yaman utara.

Pemberontak telah meningkatkan serangan pesawat tak berawak dan juga rudal ke kerajaan itu, di tengah ketegangan yang meningkat di wilayah Timur Tengah antara Iran dan AS.

Bulan lalu, angkatan udara Saudi mengklaim telah menembak jauh sebuah drone bermuatan bom yang digunakan oleh pemberontak Houthi untuk menargetkan bandara Jizan, dekat perbatasan selatan dengan Yaman.

Tidak ada korban akibat serangan, namun ancaman terhadap bandara yang digunakan oleh ribuan warga sipil setiap hari itu memicu koalisi memperingatkan pemberontak akan balasan yang kuat.

Koalisi yang dipimpin Saudi mulai mengintervensi peperangan di Yaman pada Maret 2015 untuk mendorong pemberontak Houthi dari ibu kota Sanaa dan mengembalikan kekuasaan kepada Presiden Abedrabbo Mansour Hadi.

Sejak saat itu, konflik yang terjadi telah menewaskan puluhan ribu orang, dengan banyak di antaranya merupakan warga sipil.

Situasi di Yaman digambarkan PBB sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia, dengan 24,1 juta , atau lebih dari dua pertiga populasi negara itu, membutuhkan bantuan.

Baca juga: Saudi Buka Kembali Pipa Minyak Utama yang Diserang Drone oleh Houthi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com