Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Tinju Wajah Beruang yang Menerkamnya

Kompas.com - 10/06/2019, 18:52 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BUKARES, KOMPAS.com - Seorang pria berhasil menyelamatkan diri dari seekor beruang yang menerkam sehingga kakinya terluka parah ketika melakukan ekspedisi di Rumania.

Andi Bauer dan rekannya Lara Booth tengah berada di kawasan selatan Rumania dalam lima hari ekspedisi ketika menyadari berada di dekat induk beruang dan dua anaknya.

Dilaporkan The Independent Senin (10/6/2019), beruang itu tiba-tiba menyerang Bauer dan membenamkan taringnya di kaki kanan serta menggoncangkannya dalam insiden di Pegunungan Carpathia.

Baca juga: Dikira Anjing, Penyanyi Malaysia Bawa Anak Beruang ke Kondominiumnya

Booth yang berjalan di belakang Bauer tak pelak berteria memberi instruksi. "Pukul matanya," demikian ucapan Booth kepada pria berusia 26 tahun itu.

Ketika beruang itu menyerang untuk kedua kalinya, Bauer pun sudah siap untuk bertahan. Dia meninju wajah beruang itu tepat di bagian mata, dan sukses membuat predator itu mundur.

Segera setelah serangan, Booth langsung mencari sinyal ponsel guna menelepon tim penyelamat setelah kaki Bauer hancur setidaknya di tiga bagian.

Selain kakinya patah, dia kehilangan cukup banyak otot di betis. Untuk menghentikan pendarahan selagi Booth meminta bantuan, Bauer menekan lukanya menggunakan kaus kaki.

"Saya benar-benar berada dalam keadaan terkejut. Jadi saya tidak merasakan sakit lagi," ujar pria asal Jerman tersebut kembali mengisahkan serangah beruang.

Bauer menuturkan mereka hanya berjarak sekitar satu meter dari induk beruang itu yang mengeluarkan suara keras. Dia mengaku tidak bisa berpikir apa yang harus dilakukan.

"Induk itu menggigit kaki saya. Dia menyeret dan membanting saya. Saat itu saya menangis meminta tolong. Namun tak ada yang bisa dilakukan," kata Bauer.

Bauer mengatakan beruang itu melepaskannya setelah Booth menyuruhnya memukul di bagian mata. Dia membeberkan sangat beruntung bisa selamat dan hidup.

"Namun, saya seharusnya bisa lebih beruntung tidak diserang," papar Bauer. Booth yang berasal dari Cambridge menambahkan dia membeku karena ketakutan.

Baca juga: Kisah Penyelamatan Anak Beruang yang Terjebak di Pohon Setinggi 21 Meter

Perempuan 23 tahun itu mengungkapkan dia merasa tak berguna karena tak bisa tenang melihat Bauer diterkam hingga dia ingat cara untuk mengusir beruang.

Booth menuturkan dia harus pergi ke sisi lain gunung untuk mendapatkan sinyal dan meminta bantuan. Dia menunggu helikopter datang sebelum menuju ke tempat Bauer.

Bauer dibawa ke rumah sakit di mana pemeriksaan sinar X menunjukkan luka di tiga tempat. Dokter pun melakukan fiksasi eksternal ke tulangnya.

Dia lalu dibawa ke Muenchen untuk mendapatkan perawatan lanjutan. Dia mengaku sudah mempunyai rasa optimistis bakal selamat dari serangan hewan buas.

Sekitar 6.000 ekor beruang dilaporkan hidup di Rumania, dengan mayoritas tersebar di Pegunungan Carpathia sepanjang 500 mile, atau sekitar 804 kilometer.

Baca juga: Dua Ekor Beruang Hitam Terekam Kamera Berkelahi di Pekarangan Rumah Warga

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com