Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawanan Gajah Ini Gelar "Upacara Pemakaman" bagi Bayi Mereka yang Mati

Kompas.com - 10/06/2019, 18:05 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah pemandangan memilukan terjadi di India di mana kawanan gajah melakukan "ritual pemakaman" bagi salah seekor bayi yang mati.

Parveen Kaswan yang bekerja bagi Dinas Luar Negeri India membagikan rekaman di Twitter di mana bangkai dari bayi gajah itu dibawa oleh gajah dewasa.

Baca juga: Kisah Sang Pawang yang Tetap Dampingi Gajah Saat Lebaran

Dilansir London Evening Standard Senin (10/6/2019), gajah itu diikuti oleh delapan anggotanya di jalan raya di mana mobil maupun motor memberi jalan.

Gajah pemimpin rombongan lalu meletakkan bangkai bayi itu di tepi jalan seolah menunggu anggotanya kawanan lainnya berkumpul sebelum melanjutkan perjalanan.

"Momen ini bakal menggetarkan Anda! Upacara pemakaman tengah berlangsung bagi bayi itu. Mereka tentu tidak ingin meninggalkannya," ujar Kaswan di Twitter.

Di twit lainnya dia menulis bahwa terdapat teori tentang pemakaman kuno bagi gajah di dalam hutan, dengan banyak orang mulai menelurkan berbagai spekulasi.

"Tetapi saya belum menemukan bukti kuatnya. Meskipun dalam banyak kasus, gajah lebih suka mati dekat dengan sumber air," terang Kaswan kembali.

Gajah dikenal berpartisipasi dalam sebuah ritual jika ada anggota keluarga mereka meninggal. Seperti contohnya adalah gajah bernama Queen Victoria.

Ketika Queen Victoria mati di utara Kenya, tiga anggota keluarga gajah yang mengenalnya tercatat kembali ke lokasi tempat dia mati untuk mengecek tulang belulangnya.

Baca juga: Tiga Ekor Gajah Liar Ditemukan Mati Diracun di Malaysia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com