Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter di Rusia Keluarkan Gigi dari Buah Zakar Bocah 13 Tahun

Kompas.com - 10/06/2019, 16:21 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah kejadian aneh terjadi di Rusia di mana dokter setempat mengeluarkan gigi yang tumbuh di testis (buah zakar) bocah usia 13 tahun.

Awalnya, dokter di Rumah Sakit Anak Morozov memeriksa benjolan yang ada di buah zakar anak itu dengan kekhawatiran mereka benjolan itu adalah tumor.

Baca juga: Kisah Forence, Penderita Kaki Gajah Buah Zakar, dan Pelajarannya

Namun seperti dilansir Metro Senin (10/6/2019), setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menemukan adanya "sesuatu yang sangat unik" di mana benjolan itu berisi gigi.

Luar biasanya, gigi itu ternyata tidak tumbuh di bagian geraham bocah yang tak disebutkan identitasnya itu. Melainkan berada di salah satu testisnya.

Diwartakan Daily Mail, operasi itu dilakukan oleh Dmitry Tarusin yang merupakan dokter spesialis urologi anak serta andrologi dan dilaporkan berlangsung sukses.

"Dokter memutuskan harus melakukan operasi secepatnya setelah pemindaian menunjukkan benda di dalam testis nampak seperti kerikil di ginjal," ujar rumah sakit.

Rumah sakit menerangkan, gigi itu merupakan molar kedua, atau gigi ketujuh di rahang atas yang biasanya bakal digantikan gigi permanen pada umur 12 tahun.

Menurut tim medis, adanya gigi yang bisa tumbuh di buah zakar remaja itu terjadi karena suatu kondisi langka berupa proses genetik selama fase pra-kelahiran.

Menurut dokter, penyebabnya adalah tumor teratoid yang berasal sebelum kelahiran karena kegagalan dari sel induk sehingga tidak tumbuh di tempat seharusnya.

Dokter menyatakan remaja itu seharusny tidak terpengaruh dengan tumbuhnya gigi di buah zakarnya, dan diperkirakan bisa mempunyai sistem reproduksi saat dewasa.

Baca juga: Diduga Digigit Nyamuk, Buah Zakar Pria Ini Bengkak hingga 5 Kilogram

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com