Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Langit Mendung Tak Halangi WNI di Sydney untuk Silaturahmi Lebaran

Kompas.com - 10/06/2019, 14:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com - Wisma Indonesia yang menjadi kediaman resmi Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Australia, berbeda dari biasanya.

Meski langit mendung menghiasi Sydney pada Sabtu (8/6/2019), warga negara Indonesia tetap antusias mengunjungi Wisma Indonesia untuk berjumpa dan silaturahmi dalam perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H.

Open House silaturahmi yang digelar oleh Konsul Jenderal Heru Subolo beserta Ibu Sinta Subolo dan keluarga besar Konsulat Jenderal RI (KJRI) Sydney itu berlangsung pada pukul 11.00-15.00 waktu setempat.

Baca juga: Opor Ayam dan Tape Uli Jadi Pelepas Rindu WNI di Denmark saat Lebaran

Ada sekitar 800 orang tamu undangan yang hadir. mereka terdiri dari perwakilan masyarakat Indonesia, korps konsular maupun sahabat-sahabat Indonesia di Sydney dan sekitarnya.

Mereka berkunjung secara bergantian ke Wisma Indonesia mengadakan silaturahmi dengan Konjen Heru Subolo dan keluarga besar KJRI Sydney.

"Merupakan suatu kebahagiaan kita dapat berkumpul bersama sekaligus bersilaturahmi dengan teman, kerabat, dan saudara," kata Konjen Heru.

"Saya beserta istri dan keluarga besar KJRI Sydney menyampaikan selamat Idul Fitri 1440 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucapnya, ketika menyambut para tamu.

Selama Open House Idul Fitri berlangsung, para tamu undangan disuguhkan hidangan aneka makanan dan minuman khas Indonesia, seperti sate ayam, tempe, mendoan, ketupat sayur, rendang, opor ayam, bakso, wedang hahe, Teh Botol, dan minuman khas Indonesia lainnya.

Pada kesempatan itu pula, KJRI Sydney menggelar promosi produk-produk kerajinan, makanan, dan minuman buatan Indonesia yang sudah masuk pasar Australia.

Baca juga: Lebaran di AS, Halal Bihalal Jadi Obat Rindu pada Kampung Halaman

KJRI Sydney juga menyediakan Pojok Lapor Diri Online bagi WNI yang membutuhkan bantuan ataupun panduan langsung mengenai cara melakukan Lapor Diri Online.

"Hal ini sebagai bagian dari upaya KJRI Sydney memberikan perlindungan maksimal kepada WNI di Luar Negeri," jelas pejabat Fungsi Konsuler KJRI Sydney.

Acara Open House Idul Fitri berlangsung dengan lancar, dalam suasana penuh kekeluargaan dan keakraban.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com