Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Klaim Sukses Uji Coba Rudal Pencegat Berkecepatan 4 Kilometer Per Detik

Kompas.com - 10/06/2019, 05:35 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Kementerian Pertahanan Rusia belum lama ini mengklaim telah sukses menggelar uji coba rudal pencegat terbarunya.

Rudal pencegat yang dirancang khusus untuk menangkis serangan misil musuh itu disebut mampu meluncur dengan kecepatan hingga empat kilometer per detik.

Kementerian Pertahanan Rusia mengungkapkan lewat sebuah twit pada 3 Juni lalu, jika uji coba telah dilangsungkan di situs Sary-Shagan, Kazakhstan.

Dilansir Metro.co.uk, twit dari kementerian pertahanan itu juga menampilkan video peluncuran rudal pencegat terbaru yang meluncur dengan cepat ke angkasa dan meninggalkan jejak api dan asap.

Baca juga: Rusia Ingin Kembangkan Rudal Jelajah Supersonik Jadi Hipersonik

"Uji coba peluncuran rudal pencegat terbaru milik Rusia telah berhasil dilaksanakan," kata Kementerian Pertahanan dalam pernyataannya.

"Setelah melalui serangkaian percobaan, rudal pencegat terbaru akhirnya telah dikonfirmasi karakteristiknya dan berhasil mencapai tujuan dengan menyerang target secara presisi," lanjut pernyataan kementerian.

Pernyataan dari Kementerian Pertahanan Rusia itu tidak menyebutkan nama rudal baru itu, tetapi para pakar meyakininya sebagai rudal pencegat PRS-1M.

Rudal pencegat itu berperan penting dalam melindungi ibu kota Moskwa serta lokasi-lokasi strategis di Rusia lainnya dari ancaman serangan rudal musuh, termasuk NATO.

Menurut situs berita gazeta.ru, rudal pencegat terbaru itu merupakan pengembangan dari rudal pendahulunya, 53T6, yang telah diklaim sebagai rudal tercepat di dunia dengan kecepatan hingga 3 kilometer per detik.

"Tetapi versi yang telah dimodernisasi disebut mampu mencapai kecepatan mendekati 4 kilometer per detik," tulis laporan situs tersebut.

Baca juga: Rusia Klaim Sukses Gelar Uji Coba Tahap Akhir Rudal Berjuluk Satan II

Menurut catatan situs itu, kecepatan rudal 53T6 adalah 1,8 mil per detik atau 2,99 kilometer per detik. Sementara rudal PRS-1M atau yang juga dikenal dengan 53T6M, mampu meluncur hingga kecepatan 2,48 mil per detik atau 3,99 kilometer per detik.

"Zona serang rudal terbaru itu juga praktis mengalami peningkatan hingga 1,5 kali lipat, baik dalam hal ketinggian maupun luas jangkauan," lanjut laporan situs yang menganalisis rudal terbaru itu.

"Dengan rudal pencegat terbaru itu, kini Rusia mampu menjamin keamanan wilayahnya dari misil ICBM musuh hingga pada ketinggian lebih dari 49 kilometer," sebut laporan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com