Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India dan Perancis Akan Gelar Latihan Udara Gabungan Besar-besaran

Kompas.com - 07/06/2019, 17:19 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

DELHI, KOMPAS.com - Angkatan Udara India dan Perancis dijadwalkan untuk menggelar latihan udara gabungan secara besar-besaran pada awal Juli mendatang.

Latihan udara yang akan dilangsungkan selama dua pekan sejak 1 Juli itu bertujuan utnuk meningkatkan hubungan kerja sama antar-militer kedua negara.

Sebuah armada udara dengan 30 unit jet tempur Sukhoi milik Angkatan Udara India akan terlibat skenario pertempuran dengan jet multi-peran Rafale milik Perancis, dalam latihan perang bertajuk "Garuda".

"Sejumlah besar aset lainnya, termasuk pesawat pengisian bahan bakar juga akan dikirimkan Angkatan Udara India ke Perancis dalam latihan udara terbesar antara kedua negara mitra strategis itu," ujar seorang pejabat senior militer India, Rabu (5/6/2019).

Baca juga: Angkatan Udara India Terima Helikopter Apache Pertama Buatan AS

Latihan udara gabungan Garuda pertama kali dilangsungkan pada Februari 2003 di Gwalior. Demikian diberitakan Indian Express.

Ditambahkan bahwa latihan udara ini juga penting bagi Angkatan Udara India karena akan memberi kesempatan kepada sejumlah besar pilot pesawat tempur India untuk melihat dari dekat jet Rafale milik Perancis.

Hal tersebut berkaitan dengan kesepakatan antara pemerintah India dengan Perancis pada 2016 untuk membeli 36 unit jet tempur Rafale senilai total 580 miliar rupee (sekitar Rp 118 triliun). Jet tempur Rafale pertama akan dikirim ke India pada September tahun ini.

Sebelumnya, hampir dua bulan lalu, militer India dengan Perancis juga telah menggelar latihan perang angkatan laut bersama di Laut Arab dan di Djibouti.

Dalam latihan perang bersama itu, Perancis mengirimkan kapal induk FNS Charles de Gaulle, dua unit kapal perusak, satu unit kapal fregat, kapal tanker, serta sebuah kapal selam nuklir.

Digelarnya latihan militer gabungan antara India dan Perancis itu sejalan dengan peningkatan kerja sama pertahanan dan keamanan kedua negara dalam beberapa tahun terakhir.

Tahun lalu, kedua negara juga telah menandatangani pakta strategis yang memungkinkan penggunaan fasilitas militer masing-masing, termasuk membuka pangkalan angkatan laut untuk kapal perang kedua negara.

India dan Perancis juga telah menggelar diskusi tentang kemungkinan meluncurkan latihan militer tiga angkatan bersenjata kedua negara.

Baca juga: Peringati Hari Angkatan Udara, India Upgrade Armada Jet Tempur MiG-29

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com