Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pompeo: AS Siap Berdialog Tanpa Prasyarat dengan Iran

Kompas.com - 02/06/2019, 23:37 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

BELLINZONA, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan bahwa Amerika Serikat siap untuk menggelar dialog dengan Teheran "tanpa prasyarat".

Meski demikian tidak ada indikasi peluang pencabutan sanksi atas program nuklir Iran walaupun dilakukan pembicaraan antara kedua pihak.

Pernyataan terkini Pompeo tersebut seolah melunakkan sikap AS setelah berminggu-minggu meningkatkan ketegangan dengan Iran di wilayah Teluk.

"Kami siap untuk terlibat dalam pembicaraan tanpa prasyarat," kata Pompeo di Swiss, yang tanpa ada hubungan diplomatik kedua negara, menunjukkan kepentingan Washington terhadap Republik Islam itu.

Baca juga: Trump: Jika Iran Ingin Berunding, Kami Akan Berunding Juga

"Kami siap untuk duduk bersama dengan mereka (Iran)," tambahnya, saat konferensi pers bersama dengan didampingi Menlu Swiss, Ignazio Cassis di Istana Castelgrande di Bellinzona, Pegunungan Alpen di wilayah Ticino.

Pernyataan Pompeo tersebut menanggapi komentar yang disampaikan Presiden Iran Hassan Rouhani, pada Sabtu (1/6/2019), yang menegaskan bahwa negaranya tidak akan "didesak" ke dalam pembicaraan dengan AS.

Menurut Rouhani, dialog antara dua negara harus saling didasarkan pada "rasa hormat" satu sama lain.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif, dalam kesempatan wawancara dengan jaringan ABC, yang disiarkan Minggu (2/6/2019), menyatakan bahwa "sangat tidak mungkin" Teheran akan setuju untuk melakukan pembicaraan dengan Washington dalam waktu dekat.

Baca juga: Pemimpin Hezbollah: Perang Lawan Iran Akan Telan Wilayah Timur Tengah

Pernyataan yang disampaikan Pompeo, tersebut sekaligus menandai pertama kalinya pemerintah AS di bawah Presiden Trump menawarkan sebuah perundingan tanpa syarat sejak eskalasi yang terjadi setelah Amerika menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015, yang ditandatangani oleh Iran, AS, dan sejumlah negara kekuatan dunia.

Akan tetapi Pompeo menekankan bahwa, upaya AS untuk secara fundamental membalikkan aktivitas jahat Iran tetap akan terus berlanjut. Dengan kata lain, Washington tidak berniat menghentikan kampanye "tekanan maksimum" kepada Iran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com