Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemimpin Singapura Kenang Kebersamaan dengan Ani Yudhoyono

Kompas.com - 01/06/2019, 17:42 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Presiden Singapura Halimah Yacob menyampaikan belasungkawa kepada Presiden ke-6 Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono atas wafatnya sang istri, Ani Yudhoyono.

Dalam sebuah surat, dia menulis tentang Ibu Ani yang sangat dicintai semua orang karena belas kasihnya.

Dia menyebut, ketika SBY menjabat sebagai presiden Indonesia pada 2004-2014, banyak yang mengingat mendiang Ani sebagai kekuatan yang mendukung suaminya.

Baca juga: WNI Antre Melayat Ani Yudhoyono di KBRI Singapura

"Martabat dan ketangguhannya dalam situasi sangat sulit nampak jelas ketika kami bertemu pada Maret 2019," katanya dalam surat tersebut, seperti dikutip dari Channel News Asia, Sabtu (1/6/2019).

"Kepergiannya adalah kehilangan bagi orang-orang yang dicintainya dan rakyat Indonesia. Pikiran dan doa kami bersama Anda dan keluarga dalam masa sulit ini," lanjutnya.

Perdana Menteri Singapura Lee Hsieng Loong juga menulis dalam surat bahwa Ani Yudhoyono merupakan teman baik baginya dan istrinya, Ho Ching.

"Dia adalah pilar kekuatan dan dukungan untuk Anda dan keluarga," tulisnya dalam surat yang ditujukan kepada SBY.

"Komitmennya yang dalam terhadap pelayanan dan membantu sesama warga negara telah menyentuh rakyat Indonesia dari semua latar belakang dan membuat perbedaan besar dalam kehidupan mereka," imbuhnya.

Sebelumnya, Lee dan Wakil PM Singapura Teo Chee Hean pernah menjenguk Ani di National University Hospital pada 15 Februari lalu.

Sementara itu, Menteri Koordinator Keamanan Nasional Singapura Teo Chee Hean mengatakan, dia dan istrinya, Poh Yim, akan selalu mengenang waktu yang dihabiskan bersama dengan Ani.

Baca juga: Pemerintah Singapura Berduka atas Wafatnya Ani Yudhoyono

Dia mengingat kembali kunjungan kenegaraan SBY dan Ani ke Singapura pada 2005.

Pada saat itu, Poh Yim menemani Ani untuk menamai bunga anggrek, Dendrobium Susilo Bambang Yudhoyono "Ani", di National Orchid Garden.

Kristiani Herrawati atau kerap dikenal sebagai Ani Yudhoyono wafat pada Sabtu (1/6/2019) di National University Hospital.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com