Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paris Berencana Ganti Nama Tugu Peringatan di Lokasi Putri Diana Tewas

Kompas.com - 31/05/2019, 12:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Sky News

PARIS, KOMPAS.com - Pemerintah kota Paris telah mengumumkan rencana untuk mengganti nama sebuah tugu peringatan di lokasi kecelakaan yang menewaskan Putri Diana 22 tahun silam.

Situs itu bakal dibangun di Terowongan Alma di mana Diana, Dodi Fayed yang disebut sebagai kekasihnya, dan sopir mereka terlibat kecelakaan pada 31 Agustus 1997.

Baca juga: Cinta Tak Kenal Usia, Keponakan Putri Diana Kencani Lelaki 60 Tahun

Dilansir Sky News Kamis (30/5/2019), di depan terowongan itu terdapat memorial bernama Api Kemerdekaan, replika dari obor Patung Liberty yang diberikan AS ke Paris pada 1989.

Namun monumen itu kemudian dijadikan lokasi peringatan tidak resmi di mana peziara sering meletakkan bunga karena lokasinya yang menghadap terowongan.

Situs itu kini dinamai sesuai dengan penyanyi opera Paris Maria Callas, yang juga mempunyai kediaman bernama Rue Maria di sekitar Paris sesuai dengan namanya.

Sumber dari pemerintahan ibu kota Perancis itu mengungkapkan, mereka bakal melakukan jajak pendapat Juni mendatang untuk menentukan penggantian nama itu.

Mantan istri Pangeran Charles itu dikenal sebagai sosok yang begitu aktif di pekerjaan kemanusiaan, dan mendapat julukan sebagai "putri semua rakyat".

Perempuan dengan nama kecil Diana Frances Spencer itu tewas di usia 36 tahun ketika mobilnya menabrak tiang konkret di terowongan ketika menghindari kejaran paparazzi.

Upacara pemakamannya di Inggris disaksikan oleh 32 juta orang di seluruh dunia, menjadikan pemakaman Putri Diana sebagai acara yang paling banyak dilihat dalam sejarah televisi setempat.

Baca juga: Adik Putri Diana Kirim Pesan Manis untuk Putra Pangeran Harry

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com