Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjabat Menhan AS ke Jakarta, Indonesia Ingin Kopassus Bisa Kembali Ikut Pelatihan di Amerika

Kompas.com - 31/05/2019, 11:01 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjabat Menteri Pertahanan AS Patrick Shanahan melakukan kunjungan ke Indonesia dan bertemu dengan Menhan Ryamizard Ryacudu, Kamis (30/5/2019).

Pada kesempatan tersebut Menhan Ryamizard menyampaikan harapannya agar unit pasukan khusus Indonesia, Kopassus, dapat kembali menjalin kerja sama dengan Amerika Serikat dalam waktu dekat.

"Kementerian Pertahanan telah mengirim surat kepada Kongres AS, berharap Kopassus dapat kembali mengikuti pelatihan di Amerika Serikat. Semoga dalam waktu dekat," ujar Ryamizard dalam konferensi pers bersama dengan Shanahan di Jakarta, Kamis (30/5/2019).

AS telah menangguhkan kerja sama dengan militer Indonesia, termasuk unit Komando Pasukan Khusus pada 1998, menyusul laporan adanya pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan pasukan tersebut.

Baca juga: Penjabat Menhan AS: Kami Butuh Turki Membeli Rudal Patriot Kami

Penangguhan kerja sama tersebut didasarkan Hukum Leahy 1997, yang ditulis oleh Senator Patrick Leahy. Aturan tersebut melarang bantuan militer AS kepada pasukan keamanan negara asing yang melakukan pelanggaran berat HAM dengan impunitas.

Namun pada 2005, AS telah mencabut larangan kerja sama dengan militer Indonesia, kecuali Kopassus.

Barulah pada 2010, AS mengumumkan bakal kembali melanjutkan kerja sama militer dengan Kopassus tahap demi tahap, menyusul reformasi dalam unit tersebut.

Organisasi HAM internasional telah menuding Kopassus terlibat dalam serangkaian pelanggaran hak asasi manusia pada akhir 1990-an, yakni saat reformasi 1998 dan referendum Timor Timur pada 1999.

Sebelumnya diberitakan, ada sejumlah hal yang dibahas Ryamizard dengan Shanahan selama kunjungannya ke Indonesia.

Pertama, membahas kerja sama peningkatan kapasitas melalui forum dialog, kunjungan pejabat, latihan, dan pendidikan.

Kemudian soal peningkatan kerja sama di bidang industri pertahanan, di antaranya melalui program perdagangan dan pengalihan senjata (Defense Trade and Arms Transfers/DTAT).

Juga akan dilakukan survei bawah laut untuk preservasi kerangka kapal perang dan jenazah tentara Amerika di wilayah Perairan Indonesia.

Baca juga: Menhan Ryamizard Terima Kunjungan Plt Menhan AS Patrick Michael Shanahan

Kedua pihak turut membahas masalah penyelesaian konflik Laut China Selatan, di mana Indonesia mendukung penyelesaian secara damai dan menghormati secara penuh proses diplomatik dan hukum sesuai dengan hukum internasional.

Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Shanahan dalam rangkaian tur ke empat negara di Asia.

Dari Jakarta, Shanahan kemudian bertolak ke Singapura pada Kamis sore untuk menghadiri Dialog Shangri-La, sebuah forum pertahanan yang akan dilangsungkan selama tiga hari.

Dari Singapura, Shanahan bakal melanjutkan kunjungannya ke Jepang dan Korea Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com