Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/05/2019, 17:14 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

BUDAPEST, KOMPAS.com - Sejumlah turis asal Korea Selatan dilaporkan tewas ketika kapal wisata yang membawa mereka menyusuri Sungai Danube di Budapest, Hongaria, terbalik.

Kapal wisata itu karam dekat gedung parlemen setelah bertabrakan dengan kapal pesiar yang lebih besar pada Rabu malam waktu setempat (29/5/2019). Sebanyak 21 orang lain juga dilaporkan menghilang.

Dilaporkan AFP Kamis (30/5/2019), penyelam dari militer membantu polisi untuk mencari korban yang masih belum ditemukan di dasar sungai sepanjang malam.

Baca juga: Kapal Tenggelam Setelah Mesin Mati, 7 Penumpang Selamat

Operasi pencarian itu diperpanjang di sepanjang Sungai Danube Hongaria setelah hujan lebat yang mengguyur membuat level maupun aliran air meningkat, dan menyulitkan penyelamatan.

Media setempat memberitakan penyelam menemukan satu jenazah yang berjarak beberapa kilometer dari lokasi kapal tenggelam dengan dinas darurat belum membenarkannya.

Kementerian Luar Negeri Korsel menyatakan, ada sekitar 33 warganya, terdiri dari 30 turis dan tiga orang pemandu, yang menaiki kapal Mermaid saat kejadian.

Badan perjalanan wisata mengemukakan, korban termuda ada gadis kecil berusia enam tahun. Terdapat juga dua kru Hongaria saat kapal terbalik pukul 21.15 waktu setempat.

Juru bicara tim penyelamat Pal Gyorfi menjelaskan tujuh orang korban selamat sudah dibawa ke rumah sakit karena menunjukkan gejala hipotermia dan syok.

Pemerintah Hongaria dalam laman Facebook mereka memberikan ucapan dukacita kepada seluruh keluarga korban turis Korsel atas insiden yang terjadi di Sungai Danube.

"Pemerintah menyediakan seluruh bantuan terbaik bagi polisi, penyelam, dokter yang merawat, staf ambulans, maupun tim penyelamat," ujar Budapest dalam rilis resminya.

Seoul dilaporkan menerjunkan Menteri Luar Negeri Kang Kyung-wha sebagai perwakilan gugus tugas untuk berkoordinasi dengan Hongaria dalam kecelakaan tersebut.

Kepada situs Index.hu, seorang saksi mata mengungkapkan kapal sepanjang 26 meter yang bisa mengangkut 60 turis itu ditabrak dari belakang oleh kapal pesiar yang lebih besar.

Rekaman kamera pengawas yang dipasang di atas hotel menunjukkan kapal pesiar itu menabrak Mermaid. Puing kapal ditemukan beberapa jam kemudian di Jembatan Margaret.

Berdasarkan siaran televisi setempat, akses menuju sungai yang menjadi inspirasi Johann Strauss II menggubah komposisi musik Blue Danube bakal ditutup sementara.

Perwakilan Panorama Deck selaku operator Mermaid, Mihaly Toth, menuturkan kepada MTI bahwa kapal itu tidak mengalami masalah dan menjalani perawatan rutin.

"Kami sama sekali tidak mengetahui apa yang terjadi. Saat ini otoritas tengah menyelidiki penyebabnya. Yang kami tahu adalah kapal itu tenggelam dengan cepat," terang Toth.

Lebih lanjut, Presiden Moon Jae-in telah menginstruksikan untuk mengerahkan segala sumber daya untuk membantu otoritas melakukan operasi penyelamatan.

Baca juga: Kapal Terbalik di Irak karena Kelebihan Penumpang, 54 Orang Tewas

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com