Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Tim Sepak Bola Migran Ini Pakai Kaus dengan Nama Kata Hinaan

Kompas.com - 30/05/2019, 16:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Newsweek

ANDALUSIA, KOMPAS.com - Sebuah tim sepak bola migran di Spanyol memilih cara yang sedikit berbeda untuk menjalani pertandingan terakhir mereka musim ini.

Para pemain dari tim Alma de Africa, yang berarti "Jiwa Afrika", memilih mengenakan seragam dengan nama-nama bernada olok-olokan, seperti "Gorila", "Budak", "Kera", "Negro", dan "Imigran", di bagian belakang kaus mereka.

Hal tersebut dilakukan guna memprotes rasisme yang masih kerap terjadi dalam dunia olahraga, tidak terkecuali sepak bola.

Kata-kata itu biasa diucapkan pemain maupun pendukung tim lawan untuk mengolok-olok tim mereka, juga pemain dari negara Afrika dan atlet-atlet migran.

"Saya bermain dengan kaus bertuliskan kata 'monyet' di punggung saya. Kami melakukannya untuk memberi tahu semua orang bahwa kami bukan penjahat."

Baca juga: Montella Minta Suporter AC Milan Hentikan Hinaan terhadap Pemain

"Bahwa kami juga adalah manusia dan kami tidak mengganggu siapa pun. Kami masih mendengar kata-kata hinaan ini," ujar Eric Josue Amang, pemain bek dan gelandang tim, seperti dikutip surat kabar Spanyol, El Pais.

Tim Alma de Africa tersebut, yang bermain di liga amatir lokal di wilayah Andalusia, Spanyol selatan, memiliki anggota yang berasal dari 12 negara yang berbeda.

Sebagian besar dari mereka adalah imigran dan minoritas orang Spanyol yang ada di tim disebut sebagai "warga asing".

Banyak pemain dari tim itu yang memiliki kisah masa lalu yang sulit. Salah satunya Josue Amang, asal Kamerun, yang tiba di Spanyol pada 2013 setelah melintasi Mediterania dari Maroko.

Dia menerangkan bahwa perjalanan yang dilaluinya telah memberi efek yang mendalam dalam dirinya. Beberapa teman Josue Amang meninggal saat mencoba mencapai Eropa.

"Kami ingin dihormati. Kita sekarang berada di abad ke-21 dan saya tidak mengerti bagaimana penghinaan seperti ini masih kerap terjadi. Kami sudah muak dengan hinaan ini," kata Josue Amang dikutip Newsweek.

Presiden tim, Alejandro Benitez, seorang agen real estat lokal, mengatakan, penghinaan yang dialami para pemainnya bisa datang dari berbagai arah, tetapi yang sering kali terjadi datang dari para pemain tim lawan.

"Kami ingin mencoba melakukan kampanye kesadaran karena para pemain kami masih terus menerima penghinaan rasis," kata Benitez.

"Ini sungguh gila. Kami juga ingin menunjukkan bahwa para pemain kami jauh lebih baik dibandingkan hinaan yang kami tempatkan di punggung mereka, sehingga semua orang bisa melihatnya," tambahnya.

Baca juga: Suporter Malaysia Didesak Tidak Nyanyikan Hinaan kepada Tim Lawan

Isu rasisme dalam sepak bola telah hadir tidak hanya di liga lokal Spanyol, melainkan sudah mencapai level tertinggi dalam pertandingan Eropa.

Awal April lalu, diberitakan Reuters, seorang remaja pendukung tim sepakbola Juventus bernama Moise Kean, yang lahir di Italia dari pasangan asal Pantai Gading, mendapat tindakan pelecehan rasis dari kerumunan di Cagliari, Italia.

Orang-orang menirukan suara monyet, sehingga membuat pertandingan tertunda beberapa menit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Newsweek
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com