Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penemuan Kecil yang Berdampak Besar bagi Dunia...

Kompas.com - 30/05/2019, 13:02 WIB
Aswab Nanda Prattama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penemuan diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia dalam berbagai bidang. Dalam prosesnya, tak ada yang mudah karena harus melalui serangkaian eksperimen tertentu.

Meski begitu, ada juga benda yang diciptakan secara tak sengaja. Bagaimanapun prosesnya, setiap penemuan tentu memiliki arti penting.

Tak hanya penemuan yang bentuknya besar dan megah, penemuan juga kadang memiliki wujud kecil. Banyak orang yang memandang remeh, namun di sisi lain memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Berikut adalah penemuan kecil yang memiliki dampak luar biasa di dunia:

1. Peniti

Ilustrasi penitimuseumofeverydaylife Ilustrasi peniti

Peniti merupakan salah satu benda kecil yang banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Biasanya, alat ini digunakan untuk melekatkan pakaian hingga membantu untuk kepentingan mendesak lainnya.

Salah satu orang yang berjasa dalam penemuan peniti adalah Walter Hunt. Pria asal AS yang mempunyai hobi mengutak-atik barang atau mesin ini memang hobi berinovasi.

Dia berhasil membuat alat pemintal benang. Kemudian, Hunt mencari investor untuk mendukung penemuannya, namun rencananya tak selalu mulus.

Berutang adalah solusi terakhir Walter Hunt untuk menjalani hidup. Ketika dia dihadapkan bagaimana cara untuk membayar utang, dia akhirnya dengan spontan mengambil kawat kecil dan melilitnya.

Baca juga: 9 Penemuan yang Mengubah Dunia...

Tanpa disengaja, saat memikirkan pembayaran utang dia bisa menemukan sekarang benda yang dikenal sebagai peniti. Dia menambahkan bentuk melingkar di bagian bawah untuk berfungsi sebagai pegas agar mudah digunakan.

Peniti buatan Hunt digulung dan menjadi pegas di bagian ujung dan ujung satunya berbentuk lancip. Itulah peniti pertama buatan Hunt yang memiliki sisi pegas yang dirancang untuk menjaga jari-jari seorang yang menggunakan cukup aman.

Pada 10 April 1849, dia mendapatkan paten terhadap peniti buatannya.

2. Selotip

Masking tape atau selotip bergambar atau selotip warna-warniShutterstock Masking tape atau selotip bergambar atau selotip warna-warni

Selotip berguna untuk merekatkan dan menyatukan dua benda yang berbeda. Penemuan alat ini berasal dari eksprimen dari seseorang bernama Richard Drew.

Awalnya, dia melihat toko cat kebingungan untuk mengecat mobil dengan desain cat dua warna. Ketika itu, mobil dengan warna ganda sedang hits pada masanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com