Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Hadiah Valentine ke Pacar, Seorang Pria Beli Laut Seharga Rp 1 Miliar

Kompas.com - 30/05/2019, 06:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Seorang gadis di China menjadi perbincangan setelah mengunggah hadiah yang dia terima dari si pacar saat 20 Mei, mirip dengan Hari Valentine.

Tak tanggung-tanggung. dilansir Oddity Central Rabu (29/5/2019), pria itu membeli sebuah laut terbuka seluas 210 hektar seharga 682.662 yuan, atau Rp 1,4 miliar.

Baca juga: Tak Dibelikan Ponsel, Gadis Ini Tampar Pacarnya di Depan Umum

Terletak di pesisir Provinsi Shandong dekat Pulau Cheniushan, laut itu awalnya milik sebuah perusahaan peternakan ikan sebelum dibeli pria itu secara lelang daring.

Pria itu kemudian memberikannya kepada pacarnya sebagai hadiah kasih sayang. Perempuan itu kemudian memberitahukan hadiah si pacar melalui media sosial WeChat.

Diberitakan media lokal, perempuan yang tak disebutkan identitasnya itu berkata dia mendapat hadiah itu setelah mengomel pacarnya lupa tentang 20 Mei.

Sejumlah netizen pun menyuarakan kekaguman terhadap hadiah yang dibelikan oleh pria bermarga Zhang itu. Namun, ada juga yang menyatakan tidak percaya.

Sebabnya, mereka tidak bisa memahami bagaimana Zhang bisa membeli laut terbuka itu. Namun, menurut berdasarkan undang-undang setempat, ternyata bisa.

Begitulah penjelasan pengacara bernama Zhang Xinnian kepada The Paper. Dia berkata, tawaran Zhang itu sangat legal jika merujuk kepada hukum di China.

Dia menjelaskan hukum kepemilikan China memang menekankan bahwa perairan teritorial merupakan milik negara dan tidak bisa dijual maupun dibeli.

Namun, ada juga hukum yang mengatur tentang hak penggunaan. "Organisasi maupun individu bisa mengajukan hak penggunaan laut dengan departemen kemaritiman," tutur Zhang.

Mereka yang mengajukan hak pengacara bisa melakukan sewa, transfer, hingga menggadaikannya. Tak dijelaskan apa yang bakal dilakukan si perempuan dengan laut itu.

"Apa gunanya melakukan sistem lelang untuk laut itu? Apa pria itu menawar pabrik peternakan ikan karena pacarnya penyuka makanan laut?" tanya netizen China.

Baca juga: Berusaha Pukau Pacar, Remaja Ini Meledak Saat Panjat Kereta Barang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com