Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Korupsi 1MDB di Malaysia Terkait Skandal Seks Industri K-pop

Kompas.com - 29/05/2019, 20:55 WIB
Veronika Yasinta

Editor

SEOUL, KOMPAS.com - Seorang pengusaha yang berada di pusaran kasus korupsi terbesar Malaysia juga terlibat dalam skandal profil tinggi lainnya, di tengah dugaan kejahatan terkait seks yang telah menyeret industri musik pop Korea atau K-pop.

Pada Senin (27/5/2019), media Korea Selatan melaporkan pendiri label K-pop YG Entertainment, Yang Hyuk-suk, telah menyajikan layanan seks untuk tamu asing termasuk pemodal Malaysia, Low Taek Jho, yang biasa disebut Jho Low.

Program Straight milik Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) menyatakan, Yang telah mempekerjakan pekerja seks untuk dua investor Asia Tenggara pada Juli 2014 di klub malam NB-nya di Seoul.

Dari laporan investigasi MBC, salah satu dari mereka adalah warga negara Thailand dan yang lainnya merupakan Low.

Baca juga: Diterpa Skandal Seks, Saham 5 Perusahaan Hiburan Korea Ini Anjlok

YG Entertainment, yang telah menghadapi tuduhan yang meningkat atas pelanggaran seksual oleh pemilik dan para bintang pop sejak awal tahun ini, menyebut klaim itu tak berdasar.

Perwakilan untuk Low mengakui hubungannya dengan tokoh-tokoh industri K-pop terkemuka, tetapi dia membantah keterlibatan dalam pelanggaran seksual.

"Dia tak pernah terlibat dalam, atau mengetahui, perilaku apapun yang dituduhkan dalam laporan program Straight MBC," kata juru bicara Low melalui pengacaranya yang berbasis di AS.

"Low adalah teman Psy, dan melaluinya dia bertemu Yang Hyun-suk," tambahnya, merujuk pada bintang di balik hit viral "Gangnam Style" pada 2012.

Psy terikat kontrak dengan YG Entertainment sejak 2010 hingga ketika akhirnya dia meninggalkan label itu pada Mei 2018.

Seungri, mantan member BIGBANG, yang tengah terlibat kasus hukum di Korea Selatan.Koreaboo Seungri, mantan member BIGBANG, yang tengah terlibat kasus hukum di Korea Selatan.
Industri sarat skandal

K-pop adalah bisnis yang sangat populer dan besar di seluruh Asia, termasuk di Malaysia, kampung halaman Low.

Rincian tentang dugaan pelanggaran seksual oleh sosok laki-laki populer dalam industri itu, yang termasuk kekerasan terhadap perempuan dan pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur, telah mengejutkan para penggemar di seluruh dunia.

Kembali di Februari lalu, saham YG Entertainment turun lebih dari 20 persen setelah bintang mereka Lee Seung-hyun, yang dikenal sebagai Seungri, dilaporkan telah menawarkan pekerja seks untuk klien.

Dia juga menyelewengkan dana dari klub malamnya yang berada di Seoul, Burning Sun.

Awal bulan ini, Lee kembali ditangkap oleh polisi Korea Selatan atas tuduhan pengadaan pekerja seks untuk dirinya sendiri.

Dia juga diduga membagi foto seorang perempuan telanjang yang telah diambil tanpa persetujuannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com