Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran: Klaim Penasihat Keamanan Nasional AS Menggelikan

Kompas.com - 29/05/2019, 19:33 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEHERAN, KOMPAS.com - Pemerintah Iran dengan tegas menolak tuduhan oleh Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton.

Penasihat Presiden Donald Trump itu menyebut Iran "hampir pasti" berada di balik sabotase terhadap empat kapal di wilayah perairan Uni Emirat Arab pada 12 Mei lalu.

"Membuat pernyataan menggelikan seperti itu, tidak aneh jika datang dari AS," kata juru bicara kementerian luar negeri Iran, Abbas Mousavi dalam sebuah pernyataan di situs resmi pemerintah.

"Tuan Bolton dan penghasut perang, maupun para pencari kekacauan lainnya harus tahu bahwa ketelatenan strategis, kewaspadaan tinggi dan kesiapan pertahanan lengkap dari Republik Islam Iran, akan mencegah terpenuhinya keinginan jahat mereka untuk membuat kekacauan di wilayah ini," tambah Mousavi.

Baca juga: Penasihat Keamanan Nasional AS Hampir Yakin Iran Dalangi Sabotase Kapal di UEA

Sebelumnya, John Bolton membuat tuduhan bahwa Iran "hampir pasti" berada di balik sabotase kapal-kapal yang terjadi di wilayah perairan Uni Emirat Arab awal bulan ini.

Para ahli AS menjadi bagian dari tim lima negara yang sedang menggelar penyelidikan atas serangan 12 Mei lalu, yang merusak empat kapal di Laut Oman, dekat Emirat Fujairah.

"Tidak ada keraguan dalam pikiran siapa pun di Washington tentang siapa yang bertanggung jawab untuk (serangan) ini," kata Bolton, dikutip AFP.

"Siapa lagi menurut Anda yang mungkin melakukannya? Seseorang dari Nepal?" tambahnya.

Tuduhan itu datang di tengah penumpukan militer AS di kawasan Teluk dan menjelang pertemuan darurat negara Arab dan Teluk yang diprakarsai Arab Saudi.

Dua hari sebelumnya, Presiden Trump menyatakan, di sela kunjungannya ke Jepang, bahwa Washington tidak mencari perubahan rezim di Iran dan terbuka untuk melakukan pembicaraan.

Teheran menyebut serangan terhadap kapal di perairan UEA sebagai hal yang mengkhawatirkan dan disesalkan, serta memperingatkan akan ancaman gangguan keamanan maritim kepada pihak asing.

Baca juga: Aksi Sabotase di UEA Bikin Kapal Tanker Minyak Arab Saudi Rusak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com