Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hanya Dapat 5 Suara di Pemilu India, Caleg Ini Menangis

Kompas.com - 29/05/2019, 07:58 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

CHANDIGARH, KOMPAS.com - Seorang calon legislatif (caleg) di Negara Bagian Punjab, India, tak kuasa menyembunyikan kesedihan setelah mendapat hasil jeblok dalam pemilu.

Neetu Shutteran Wala, seorang politisi yang tidak terlalu dikenal maju sebagai wakil rakyat dari jalur independen di kota Jalandhar dalam pemilu pekan lalu.

Baca juga: KPK: 35.506 Caleg Sudah Urus Laporan Harta Kekayaan

Namun seperti diwartakan Oddity Central Selasa (28/5/2019), dia menjadi viral setelah menangis ketika diwawancarai oleh media setempat pasca-hasilnya keluar.

Dalam wawancara itu, Wala membeberkan dalam pemilu lalu, dia hanya mendapat lima suara. Yang membuatnya sedih adalah fakta dia mempunyai semkbilan anggota keluarga.

Ketika awak media bertanya apakah ada di keluarganya yang tak memilihnya, Wala tak menyalahkan mereka. Sebaliknya, dia menganggap pemilu lalu penuh kecurangan.

Meski Wala sudah menjelaskan, kisahnya pun menjadi viral karena caleg berusia 35 tahun itu bahkan tidak mendapat dukungan penuh dari keluarga sendiri.

Setelah kisahnya menjadi viral, entah kebetulan atau tidak, perolehan suara Wala di penghitungan akhir tercatat 856 yang tidak buruk bagi caleg independen.

Diberitakan India Today, diketahui jurnalis yang tak disebutkan identitasnya tersebut mewawancarai Wala ketika proses penghitungan baru saja dimulai.

Karena kisahnya sudah terlanjur viral, keluarga melalui kakak Wala pun memberikan keterangan resmi bahwa mereka memberi dukungan penuh bagi si caleg.

"Dia mendapat dukungan menyeluruh dari keluarga. Termasuk para paman baik dari keluarga inti maupun keluarga besar yang lain. Mereka semua memilih dia," terang kakak Wala.

Wala mungkin tidak memenangkan kontestasi politik di kotanya. Namun, dia selamanya bakal dikenang oleh masyarakat setempat sebagai meme yang viral.

Baca juga: Seorang Caleg Kerahkan 350 Warga Bikin Rusuh, 4 Orang Tewas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com