Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Istri CEO Amazon Janji Sumbangkan Setengah Kekayaannya untuk Amal

Kompas.com - 28/05/2019, 22:06 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber Reuters


WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Mantan istri CEO Amazon Jeff Bezos, MacKenzie Bezos, bersedia menyumbangkan setengah dari kekayaannya untuk amal.

Melansir Reuters, Selasa (28/5/2019), jumlah kekayaan MacKenzie setelah bercerai mencapai 36 miliar dollar AS atau sekitar Rp 517 triliun.

Mantan istri orang terkaya di dunia ini merupakan satu dari 19 orang yang bergabung dalam "Giving Pledge", sebuah kampanye yang diumumkan oleh Warren Buffet dan Bill Gates.

Baca juga: Amazon Berencana Tutup Toko Online di China, Mengapa?

Gerakan tersebut mendorong orang-orang super kaya untuk memberikan lebih dari setengah kekayaan dalam seumur hidup mereka atau melalui wasiat.

"Pendekatan saya untuk filantropi akan terus bijaksana. Hal tersebut akan membutuh waktu, upaya, dan perhatian," katanya.

MacKenzie saat ini menjadi perempuan terkaya ketiga di dunia versi Majalan Forbes. Dia mengakuisisi 4 persen saham di Amazon senilai 36 miliar dollar AS.

Setelah bercerai pada April lalu, Jeff Bezos diperkirakan akan memiliki kekayaan hingga 131 miliar atau Rp 1.800 triliun pada tahun ini.

"Giving Pledge" telah ditandatangani oleh 204 orang kaya dari 23 negara dari berbagai bidang, termasuk keuangan, teknologi, perawatan kesehatan dan pengembangan real estate.

Namun banyak orang kaya yang masuk dalam majalah Forbes tidak menandatangani kampanye tersebut, termasuk Jeff Bezos.

Baca juga: Arab Saudi Dituding Retas Ponsel Pribadi Bos Amazon

Sementara itu, 10 besar miliarder dunia yang bergabung dengan "Gibving Pledge" adalah pemimpin LVHM Bernard Arnault, tokoh telekomunikasi Meksiko Carlos Slim, taipan ritel fasyen Eropa Amancio Ortega, dan co-founder Google dan CEO Alphabet Larry Page.

Mereka yang tanda tangan berkomitmen secara moral untuk memberi. Tidak ada kontrak hukum dalam kampanye itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com