Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Trump Bangun Tembok Perbatasan Sendiri dari Uang Sumbangan

Kompas.com - 28/05/2019, 15:29 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP

SUNLAND PARK, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump selama ini berusaha keras untuk membangun tembok di perbatasan Meksiko untuk menghalau kedatangan imigran legal.

Namun langkah tersebut terus ditepis oleh Kongres, yang menentang kebijakan tembok perbatasan.

Hal itulah yang membuat seorang veteran militer harus kembali ke lapangan. Kali ini dia tidak turun ke medan perang, melainkan melaksanakan konstruksi bagian pertama tembok perbatasan AS dan Meksiko pribadinya.

Baca juga: Pentagon Kembali Alihkan Dana Rp 21 Triliun untuk Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Dia menggunakan uang dari sumbangan para pendukung Trump untuk mewujudkan pembangunan kontroversial itu.

Penduduk New Mexico bernama Jeff Allen terlihat mengenakan topi berwarna merah bertuliskan "Make America Great Again", sebuah jargon yang diucapkan oleh Trump dalam kampanye pilpres 2016.

Dengan bangga, dia menyaksikan peletakan batu pertama pada akhir pekan lalu. Para pekerja konstruksi tampak bekerja dengan peralatan konstruksi berat.

Mereka mendirikan pagar baja yang menjulang di tanah yang dia miliki di kota Sunland Park, di seberang Ciudad Juarez, Meksiko.

"Inilah cara orang Amerika bilang, 'Kongres, Anda tidak berharga, dan kami sedang memperjuangkannya. Kami akan membangun tembok sendiri'," ujar pria berusia 56 tahun itu.

"Ini bukan Eropa. Ini adalah Amerika. Kami melindungi perbatasan kami," katanya kepada AFP, Senin (27/5/2019).

Bertekad untuk membantu Trump memenuhi janjinya untuk membangun tembok di perbatasan, Allen bersama dengan United Constitutional Patriots, mulai mengerjakan proyek tembok itu.

Sebagai informasi, United Constitusional Patriots merupakan milisi sayap kanan yang melakukan patroli perbatasan dengan main hakim sendiri.

Proyek tembok perbatasan pribadi itu didanai oleh We Build the Wall, sebuah perusahaan yang diluncurkan Allen dan Brian Kolfage.

Mereka memakai uang jutaan dollar dari sumbangan pribadi yang dikumpulkan melalui kampanye online bertajuk "We The People Will Fund The Wall".

Kolfage merayakan tembok baru dengan mengunggah video konstruksi di Facebook.

Baca juga: Pentagon Sepakat Kucurkan Dana Rp 14 Triliun untuk Bangun Tembok Perbatasan

"Kami melakukannya. Dinding yang didanai swasta pertama hampir selesai. Donasi sekarang untuk mendanai lebih banyak dinding," tulisnya.

Tembok tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu satu pekan. Panjangnya mencapai 800 meter dan dibangun dengan spesifikasi yang sama dengan pagar perbatasan pemerintah di daerah itu.

Pemerintah AS telah membangun tiga bagian pagar di wilayah El Paso-Ciudad Juarez sejak 2016, yang panjangnya mencapai 40 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com