Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Penangkapan Polisi, Migran Ini Sembunyi di Dasbor Mobil

Kompas.com - 27/05/2019, 18:33 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MELILLA, KOMPAS.com - Kepolisian Spanyol yang berada di perbatasan dengan Maroko menggagalkan upaya penyelundupan para migran yang berusaha masuk ke Eropa.

Gambar mengejutkan yang beredar menunjukkan seorang migran pria berusia sekitar 20-an bersembunyi di dalam dasbor mobil di kota perbatasan Beni-Enzar, Maroko.

Baca juga: Sembunyi Dalam Tangki Truk Bahan Bakar Kosong di Serbia, Dua Migran Tewas

Dilansir London Evening Standard Senin (27/5/2019), mobil itu diberhentikan polisi perbatasan di kawasan Afrika Utara ketika berupaya memasuki kota Melilla.

Seorang anggota Garda Spanyol mengungkapkan tiga kendaraan yang membawa penumpang gelap itu dihentikan dalam rentang waktu waktu tiga jam, dengan empt migran diamankan.

Selain bersembunyi di dasbor, dalam gambar yang dirilis juga terdapat seorang penumpang gelap yang meringkuk di dalam mesin serta kursi penumpang belakang.

Sementara migran keempat ditemukan di sebuah truk sampah di mana posisi bersembunyinya sangat berbahaya karena ada kemungkinan dia bisa remuk sewaktu-waktu.

Keempat migran, di mana salah satunya adalah gadis berusia 15 tahun, diselamatkan dari tempat bersembunyinya.

Dua migran yang masing-masing berumur 20 serta 21 tahun harus dirawat kaerna menunjukkan tanda lemas, disorientasi, serta nyeri di bagian persendian.

Tiga sopir Maroko, berusia 19, 30, dan 31 tahun, ditangkap dengan tuduhan berusaha menyelundupkan orang. Setiap pelaku mengemudikan mobil dari berbagai produk.

Maroko merupakan pintu masuk utama ke Eropa bagi migran ilegal dengan upaya penyelundupan ke Melilla mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir.

Panjang antara Afrika Utara dengan Spanyol dilaporkan hanyalah 7,7 mil laut dengan lebar 14 kilometer di titik perbatasan yang dianggap paling dekat.

Baca juga: Dapat Amnesti Pemerintah Yordania, 50 Pekerja Migran Pulang ke Tanah Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com