Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentrokan Narapidana di Penjara Brasil, 15 Tahanan Tewas

Kompas.com - 27/05/2019, 13:22 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

MANAUS, KOMPAS.com - Bentrokan terjadi di dalam penjara negara bagian di Brasil utara, Minggu (26/5/2019). Sebanyak 15 orang dilaporkan tewas dalam bentrok antarnarapidana tersebut.

Bentrokan terjadi di penjara negara bagian Amazonas, yang berlokasi sekitar 28 kilometer dari ibu kota negara bagian, Manaus, sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

"Bentrokan terjadi antara dua kelompok tahanan," kata pejabat penjara regional, Kolonel Marcos Vinicius Almeida, dalam konferensi pers.

Kolonel Almeida menambahkan, di antara korban narapidana yang tewas, beberapa di antaranya terluka akibat tusukan benda tajam, diyakini dari sikat gigi yang dikikir.

Baca juga: Napi ISIS Picu Kerusuhan di Penjara Tajikistan, 32 Orang Tewas

Sementara korban lainnya tewas akibat dicekik. Penyelidikan telah dibuka untuk mengetahui penyebab perkelahian.

Dia menekankan bahwa pihak berwenang telah bereaksi dengan segera terhadap bentrokan yang terjadi sehingga dapat mencegah terjadinya hal yang lebih buruk.

Di fasilitas penjara negara bagian Amazonas tersebut juga pernah terjadi pemberontakan oleh narapidana selama hampir 20 jam dan menyebabkan 56 orang tewas pada Januari 2017.

Brasil memiliki populasi penjara terbesar ketiga di dunia, dengan jumlah tahanan pada Juni 2016 mencapai sekitar 726.000 orang, menurut data statistik resmi.

Jumlah tersebut mencapai dua kali lipat dari kapasitas penjara di negara Brasil, yang mampu menampung 368.000 narapidana.

Dengan tingkat kepadatan tinggi, penjara Brasil telah diwarnai aksi kekerasan antar geng, kerusuhan, dan upaya pelarian yang tak jarang terjadi.

Pada September tahun lalu, orang-orang bersenjata lengkap menerobok masuk ke dalam penjara di timur Brasil menggunakan bahan peledak dan memberondong tembakan. Dalam insiden tersebut seorang polisi tewas dan 92 narapidana kabur.

Baca juga: Kerusuhan di Penjara Myanmar, Empat Tahanan Tewas

Di bulan April lalu, upaya meloloskan narapidana terjadi di penjara di Belem, dekat hutan Amazon. Pasukan bersenjata lengkap menyerang penjaga penjara untuk membebaskan rekan-rekannya. Sebanyak 21 orang tewas dalam upaya penyerbuan itu.

Pada Januari 2017, kepolisian Brasil menggelar perburuan besar-besaran, setelah 184 narapidana melarikan diri dari dua penjara di negara bagian Amazonas setelah aksi kekerasan selama 17 jam yang melibatkan sejumlah geng penjahat. Sebanyak 56 tahanan tewas, dengan banyak di antaranya dipenggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com